7 Bagian Motor yang Harus di Cek Sebelum Mudik Lebaran

Bintangmotor – Brosis menuju hari Raya Idul Fitri 1438 H, musim mudikpun bergulir dan berbagai macam alat transportasi dikerahkan untuk mudik Lebaran, baik umum atau kendaraan pribadi.

Ikuti saran dari Service Advisor Ahass Bintang Motor mengenai 7 bagian motor yang harus di cek sebelum berangkat ke kampung halaman.

1. Sistem Pengapian

Busi merupakan bagian utama dari system pengapian, dan gangguan pada sistem pengapian tentunya akan mengurangi kenyamanan mudik Brosis. Untuk perawatannya, bersihkan dengan hampelas busi jika sudah kotor (hitam). Namun, untuk pastinya, Brosis bisa mengganti busi sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk type motor baru Max 8000 KM dan type motor lama Max 4000 KM.

Selanjutnya jika motor masih menggunakan karburator, cek dan bersihkan dari kotoran. Jika menggunakan sistem injeksi lebih baik diperiksa di bengkel resmi agar hasil maksimal, mengingat sistem injeksi masih relatif baru di Indonesia.

2. Kampas rem.

Rem menjadi hal yang wajib di kontrol, mungkin saja kampas rem motor Brosis akan segera habis, terutama karena Brosis akan menempuh jarak yang jauh. Jika sudah tipis, lebih baik di ganti saja demi keamanan dan kenyamanan perjalanan Brosis

3. Rantai & V-belt

Rantai (atau V-belt untuk skutik) merupakan penghubung mesin dengan roda. Apabila rantai atau V-belt ini putus, tentunya sangat berbahaya. Berdasarkan rekomendasi pabrik, rantai diganti setiap 15rb km, sementara V-belt setiap 24rb km, namun bisa lebih cepat aus tergantung cara penggunaan.

Kondisi rantai bisa diperiksa dari kondisi fisik dan tingkat kekendurannya. Apabila rantai kendur, atau ada kerusakan yang terlihat kasat mata, saatnya rantai motor diganti.

Sedangkan V-belt yang aus memiliki gejalan tarikan lambat atau tersendat, dan tenaga tidak keluar seperti kopling yang slip.

4. Ban

Cara paling sederhana memeriksa tingkat keausan ban adalah melalui “Tread Wear Indicator”, atau Indikator Keausan Ban, yang bentuknya seperti di bawah ini.

Namun, perlu diingat bahwa kondisi jalanan yang tidak rata, apalagi berlubang-lubang, juga membuat ban “benjol” dan lebih cepat aus.

Tidak lupa, selalu periksa tekanan angin ban motor sesuai dengan rekomendasi pabrik. Petunjuk ini umumnya ada di bawah setang untuk tipe bebek dan skutik.

5. Bearing

Kondisi bearing pada leher kemudi dan roda akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara Brosis. Bearing leher kemudi yang prima akan membuat kemudi stabil untuk melibas setiap jalan yang bergelombang, sedangkan bearing pada roda motor berfungsi untuk menstabilkan perputaran roda stabil.

6. Pelumas

Jika sudah cukup lama, lebih baik ganti baru oli motor Anda. Dengan oli mesin yang masih baru akan meningkatkan performa mesin motor, dan menjaga agar kondisi mesin motor tetap prima.

7. Lampu

Lampu mungkin terkesan sepele, tapi merupakan komponen yang sangat penting dalam berkendara, terutama di malam hari. Kondisi lampu depan dan lampu sein sudah banyak dipahami kegunaannya, namun yang sering terlupakan adalah lampu belakang, yang juga membantu pengendara melihat Brosis di malam hari selain memberitahu pengendara di belakang ketika Brosis mengerem.

Untuk hasil terbaik dan pengalaman mudik yang lebih aman dan nyaman, Brosis bisa membawa motor Brosis ke bengkel AHASS Bintang Motor.

Posted in Tips Bulan Puasa, Tips Motor and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*