Kendaraan Mudik, Antara Kendaraan Umum & Kendaraan Pribadi

0
0
views

Bintangmotor – Mudik bagaikan ritual di penghujung Ramadan. Setelah menjalankan ibadah puasa, umat Islam melanjutkannya dengan silahturahmi mengunjungi sanak saudara di kampung halaman.

Dikutip dari Liputan6.com (28/05) Seperti biasa pula pada masa menjelang Lebaran, jalan-jalan menuju luar kota dipadati kendaraan. Pemudik melakukan perjalanan menggunakan berbagai moda transportasi. Mulai dari transportasi umum seperti bus hingga yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

Yang menjadi fenomenal adalah mudik dengan sepeda motor. Walau tidak direkomendasikan baik oleh banyak pihak termasuk pemerintah, alasan murah dan cepat tak bisa dihilangkan dari benak pemudik.

Banyak data yang membuat pemilihan sepeda motor tidak direkomendasikan untuk mudik. Fakta sekira 70 persen dari kecelakaan pada masa mudik melibatkan sepeda motor. Hingga H-4 Lebaran pada tahun 2015, sudah tercatat 723 kecelakaan, dengan korban meninggal dunia 152 orang berdasarkan data Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) POLRI.

Masalah yang sering terjadi di lapangan adalah pengendara sepeda motor sering abai terhadap batasan waktu berkendara. Disarankan setiap 3 jam berkendara sepeda motor, kita beristirahat selama 15 menit atau 30 menit menghindari rintangan di jalan raya karena kelelahan otot mata dan tubuh

Seberapa irit mudik pakai motor ? Kenapa banyak orang tergiur mudik menggunakan sepeda motor dari Jakarta ke Purworejo dengan Jarak 517,9 KM. Kalau konsumsi BBM rata-rata 40 km/liter, maka dibutuhkan sekitar 12,9 liter bensin.

Kalau harga bensin premium per liternya Rp6.450, para pemudik motor ini cuma butuh ongkos bensin Rp.83.205 saja.

Sebagai perbandingan, harga tiket bus Rosalia Indah Patas Non AC : Rp. 110.000, Patas AC : Rp.125.000, VIP : Rp. 150.000, Executive : Rp. 175.000, Super Executive : Rp. 235.000

jurusan Jakarta – Purworejo – Pendowo.

Kalau mudiknya 2 orang ongkos mudik dengan naik bus kelas Patas AC menelan biaya Rp.250.000 Bandingkan dengan mudik dengan motor yang hanya Rp.83.205.

 

 

 

Link Terkait :

http://www.cekhargatiket.org/harga-tiket-bus-rosalia-indah/

https://naningisme.wordpress.com/tag/perhitungan-biaya-mudik/

http://otomotif.liputan6.com/read/2968321/kendaraan-mudik-antara-kendaraan-umum-mobil-pribadi-dan-motor

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*