Tips Aman Berkendara Saat Mudik dengan Sepeda Motor

Bintangmotor – Biaya yang relatif murah dan dianggap efektif untuk menghindari kemacetan, membuat sebagian orang memilih mudik menggunakan sepeda motor.

Jika kamu termasuk salah satunya, jangan lupa untuk memerhatikan beberapa tips berikut supaya perjalanan mudik jadi lebih aman dan nyaman hingga sampai di tempat tujuan.

1. Pastikan kondisi Badan Fit dan Cek Kondisi Sepeda Motor

Sebelum mudik dengan sepeda motor, pastikan kendaraanmu berada dalam kondisi yang baik. Periksa seluruh bagian sepeda motor; mulai dari ban, rem, oli, lampu. Lebih baik lagi servis sepeda motormu sebelum mudik supaya benar-benar siap untuk menempuh perjalanan jauh.

2. Kenakan Perlengkapan Berkendara yang Tepat

Supaya perjalananmu lebih aman dan nyaman, jangan lupa untuk mengenakan perlengkapan berkendara yang tepat. Helm sesuai standar, jas hujan, jaket yang bisa menahan terpaan angin, sarung tangan, dan sepatu adalah perlengkapan wajib yang tidak boleh kamu lewatkan.

3. Berdoa dan Membawa Perlengkapan Surat-surat

Sebelum melakukan perjalanan hendaknya berdoa sesuai agar diberi kelancaran selama perjalanan dan selalu membawa Surat-surat KTP,STNK,dan SIM.

4. Menepi ketika lelah dan melakukan aktivitas telepon/sms

Apabila Brosis ada telfon atau lelah menepi lah di rest area untuk istirahat agar terhindar dari kelelahan yang mengakibatkan kurang konsen berkendara.

5. Bawa kotak P3K

Kotak pertolongan pertama ini menjadi hal yang penting dan jangan sampai tidak terbawa saat Anda melakukan perjalan jauh. Isilah kotak P3K Anda dengan obat-obatan ringan seperti obat anti mabuk, obat luka, perban, minyak kayu putih, dan obat-obatan lain yang menurut Anda perlu.

6. Hindari Membawa Barang Terlalu Banyak dan Gunakan jaring pengikat barang

Perhatikan barang bawaanmu ketika mudik. Sebaiknya, hindari membawa barang terlalu banyak supaya tidak mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Selain itu, pastikan barang yang kamu bawa sudah diikat dengan kuat agar tidak jatuh saat di perjalanan

7. Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas

Guna menghindari kecelakaan, selama di perjalanan patuhilah rambu lalu lintas termasuk menjaga jarak aman. Inilah yang wajib dipatuhi Brosis dan pemudik bermotor lainnya selama berkendara.

 

Link Terkait :

http://iradiofm.com/tips-aman-berkendara-saat-mudik/

http://tv.liputan6.com/read/2271617/5-tips-mudik-aman-dengan-sepeda-motor

https://www.1001inspirasiramadhan.com/article/tips/tips-aman-dan-nyaman-saat-mudik-dengan-sepeda-motor

http://www.safetyridingwms.com/p/berkendara-aman-dan-nyaman.html

Posted in Informasi Mudik and tagged , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*