Ban Motor Udah Tipis, Perlu Di Ganti Atau Masih Bisa Di Pakai ?

Ban, merupakan komponen sepeda motor yang paling utama, ya jumlahnya ada dua depan dan belakang. Tanpa kedua ban ini sepeda motor kalian tidak akan bisa jalan.

Di Indonesia sendiri ada satu fenomena unik yang biasa di sebut sebagai “ban gundul alias botak”, ini merupakan kondisi ketika ban motor sudah nampak sangat halus, tidak ada lagi kembangan ban yang pada umumnya ada di setiap ban motor.

Baik, hal ini tentunya terjadi bukan tanpa alasan. Biasanya alasan utama yang membuat orang enggan untuk mengganti ban yang tipis adalah karena “masih bisa dipakai.”
Tentunya ini menimbulkan pertanyaan yang lebih serius lagi, apakah benar ban gundul yang masih bisa dipakai berarti aman-aman saja?

Mari kita bahas bareng-bareng supaya lebih tercerahkan dan tidak terjerumus dalam kebiasaan yang buruk tapi banyak yang percaya.

Tidak Ada Toleransi, Ban Gundul Harus Ganti!

Ya, sebenarnya dari luar saja sudah terlihat bahwa ini jelas-jelas sangat berbahaya dan bisa menimbulkan banyak masalah di jalan.

Oke, mungkin sebagian dari kalian masih saja ada yang berpegang pada prinsip

“Enggak apa-apa, yang penting masih bisa dipake”

Sehingga, perlu kami berikan langsung pendapat ahli motor mengenai hal ini. Berdasarkan informasi yang di sampaikan oleh Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head PT. Suryaraya Rubberindo Industries, produsen ban FDR pada situs Gridoto.com,

Beliau mengatakan bahwa ban yang gundul atau botak ini sangat bahaya, karena bisa licin di jalan. Karena kembangan ban yang berfungsi sebagai buangan air sudah tidak ada, jadi potensi tergelincir lebih tinggi.

Ia menambahkan bahwa lapisan ban yang biasanya berfungsi untuk mencengram aspal juga sudah tidak ada, ini membuat permukaan ban menjadi semakin licin.

Tidak main-main, kalian tahu sendiri beberapa berita di televisi juga terkadang menjelaskan salah satu penyebab kecelakaan adalah karena sepeda motor tergelincir di jalan yang licin karena habis hujan.

Logikanya, yang bannya masih bagus saja terkadang masih licin, apalagi ban botak, iya tidak?

Bapak Jimmy juga menyampaikan, bahwa ban yang sudah gundul ini lebih rentan terkena kebocoran. Ya, motor yang bannya bocor sudah pasti biasanya tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Sebenarnya indikator ganti ban itu tidak hanya sekadar melihat tampilan luar sudah gundul atau belum. Justru kalau sudah dalam tahap ini berarti sudah terlampau parah, dan memang secepatnya harus ganti.

Jadi, sampai sini sepertinya sudah jelas, bahwa tidak ada toleransi untuk sepeda motor yang bannya gundul. Perlu langsung di bawa ke bengkel untuk menggantinya dengan yang baru.

Secara umum, kondisi ban memang harus di cek secara berkala. Jika motor sudah terasa goyang dan tidak seimbang, atau seakan sangat licin pada saat berada di jalan yang baru terkena air hujan, maka kemungkinan ada masalah dengan ban.

Ya, meskipun hal tersebut juga bisa terjadi karena sparepart Bearing Roda yang minta diganti. Namun, pada prinsipnya kondisi ban ini penting untuk diperhatikan secara berkala.

Kesimpulan

Oke, sudah bisa ditarik kesimpulan, bahwa ban yang gundul tandanya sudah parah. Segera diganti jangan tunggu nanti-nanti. Apabila kalian masih saja berpegang teguh pada prinsip

“Yang penting masih bisa dipake”

Sekarang pikirkan baik-baik, kalau sampai sudah terjadi apa-apa kepada Anda, yang lebih parahnya lagi Anda mungkin membonceng orang yang istimewa dan terjadi kecelakaan karena ban yang licin, maka hal tersebut sudah sangat terlambat.

Jadi, sebaiknya hilangkan mindset “masih bisa dipake”, indikator kalian harus lebih baik lagi yakni “harus aman dipake”, tetap keselamatan yang utama. Jangan lupa cek kondisi motormu secara berkala, mampir saja di Bengkel Honda Bintang Motor, salam satu hati, sampai jumpa lagi!

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment

    Sehubungan dengan cuti bersama & libur lebaran
    Layanan online Honda Bintang Motor
    Slow respon
    Pesan anda akan kami balas segera mungkin
    Terimakasih