Cara Menggunakan Teknik Pengereman Saat Berkendara

Bintangmotor.com – Dalam berkendara hal paling pertama yang akan diambil oleh para pengendara ketika mengebut dan ada halangan di jalan adalah melakukan pengereman secara mendadak.

Hal ini merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan karena rem mendadak, apalagi jika kondisi jalanan padat, kendaraan dari belakang juga akan lambat merespon.

Selain itu, pada saat kondisi jalanan yang sedang basah karena diguyur hujan atau ada genangan air lainnya, teknik pengereman yang baik sangat perlu untuk diperhatikan.

Sebab saat jalanan basah atau tergenang air, gesekan antara aspal dengan roda sangat minim, yang akhirnya akan berakibat pada selip dan motor pun akan tergelincir.

Berikut tips menggunakan teknik pengereman motor :

  1. Menggunakan empat jari
    Teknik pengereman yang benar dan dianjurkan adalah dengan menggunakan 4 jari.
    Dengan menggunakan 4 jari, akan memaksimalkan pada saat pengereman motor. Sebab, seluruh bagian handle pada rem akan terpegang oleh pengendara dengan sempurna. Tenaga pengereman pun yang dikeluarkan menjadi maksimal, sehingga rem akan bekerja sempurna.
  2. Lepas Handle Gas
    Sebelum melakukan pengereman menggunakan 4 jari, sebaiknya pengendara melepaskan handle gas terlebih dahulu.
  3. Jangan mendadak
    Penekanan rem yang menyentak, akan memicu adanya pengereman mendadak, berakibat kendaraan pun akan oleng dan susah untuk dikendalikan.
    Sebaiknya, tekan pelan-pelan handle rem saat halangan sudah mulai terlihat. Dan ketika kecepatan berkurang, serta halangan mulai semakin dekat, baru lakukan pengereman secara penuh.
  4. Gunakan rasio rem depan dan belakang
    Lakukan pengereman dengan menggunakan rem depan dan rem belakang dengan rasio penekanan 60 persen rem belakang 40 persen rem depan atau 70 persen rem belakang dan 30 persen rem depan.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    UPDATE : JAM OPERASIONAL KAMI SAAT INI : 08:00 s/d 15:00
    +