Cara Mudah Membersihkan Rantai Motor

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Rantai memiliki fungsi meneruskan tenaga yang disalurkan transmisi ke roda belakang. Oleh karena itu, rantai salah satu komponen yang perlu mendapatkan perawatan yang rutin.

Apabila rantai tidak mendapatkan perawatan yang rutin, rantai akan cepat kering dan kendur. Sehingga menimbulkan suara berisik saat motor melaju. Selain itu, rantai motor yang kendur juga dapat mengurangi tarikan (akselerasi) motor.

Karena itu, anda harus rajin merawat rantai motor, ada beberapa tahapan penting yang perlu diperhatikan saat membersihkan rantai motor.

  1. Anda harus mengetahui jenis rantai yang terpasang. Rantai motor dibagi menjadi 2 jenis, yaitu rantai biasa dan rantai jenis O-Ring.Untuk jenis rantai biasa, proses pembersihannya lebih mudah karena rantai jenis ini terdiri dari logam-logam yang saling terhubung. Sementara jenis O-ring, pembersihannya harus lebih hati-hati karena jenis ini menggunakan material karet untuk menghubungkan antar mata rantai.
  2. Memposisikan motor secara tegak, bisa menggunakan standar tengah ataupun paddock.
  3. Cek rantai motor dan sprocket gear. Yang harus diperiksa adalah tingkat keausan mata rantai, caranya goyangkan ke kanan dan kiri lalu tarik kebelakang. Jika rantai sangat kendur, itu berarti rantai mulai aus. Kemudian periksa sprocket gear, apabila mata gear pada komponen ini mulai menajam maka harus segera diganti. Jika ingin mengganti, sebaiknya mengganti rantai dan gear secara bersamaan atau sekaligus.
  4. Membersihkan rantai. Caranya adalah, semprokan rantai dengan cairan penetran, atau menggunakan minyak tanah. Kemudian diamkan beberapa saat, setelah itu bersihkan rantai dengan sikat rantai khusus atau sikat gigi yang sudah tak terpakai. Sikat rantai perlahan, pastikan kotoran sisa oli da debu hilang.
  5. Semprotkan kembali rantai dnegan cairan penetran atau minyak tanah, agar membuat kotoran di sekitar rantai dan gear rontok. Lalu keringkan dengan lap kering.
  6. Terakhir lumasi rantai dengan cairan chain lube. Semprotkan cairan tersebut di mata gear dan rantai secara merata. Jangan sekali-kali menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai, karena oli bekas mengandung kotoran. Selain itu juga oli bekas membuat debu dan kotoran menempel di rantai.

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment