Efek Negatif Menggunakan Cairan Ban Tubeless

Bintangmotor.com – Ban tubeless adalah ban yang didesain tidak memiliki ban dalam. Agar bisa menahan angin bagian ban dan pelek dibuat sangat rapat.

Saat memasang ban tubeless pasti sudah tidak asing lagi dengan cairan ban tubeless yang anti bocor. Cairan tersebut berupa senyawa kental yang mirip dengan gel, yang berbahan dasar silikon atau lateks.

Fungsinya adalah mencegah kebocoran pada ban. Sehingga dapat membantu saat ban bocor dan tidak ada bengkel disekitar lokasi.

Namun tetap saja, ada dampak negatif yang dihasilkan dari penggunaan cairan tersebut.

Berikut dampak negatif penggunaannya :

  • Pelek berkarat

Karena cairan itu bersentuhan langsung dengan pelek motor, dan bisa menyebabkan korosi atau karat pada pelek ban. Cairan tersebut mengandung asam basa yang tentu manjadi musuh bagi besi. Pelek yang berkarat tentu tidak baik digunakan dalam waktu yang lama.

  • Menyumbat lubang pentil

Cairan yang berbentuk gel ini akan dengan otomatis menambal bagian yang bocor. Jika gel tidak mengalir tepat pada pentil maka akan menyumbat lubang pentil.

  • Mengganggu keseimbangan berkendara

Cairan ini akan mengalir mengikuti perputaran roda. Jika ban mengalami kebocoran, maka gel tersebut akan berkumpul pada titik ban yang bocor. Hal tersebut yang membuat terganggu keseimbangan saat berkendara.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    UPDATE : JAM OPERASIONAL KAMI SAAT INI : 08:00 s/d 15:00
    +