Honda PCX Akan Dilengkapi Dengan Airbag

Bintangmotor.com – Honda resmi mematenkan sistem airbag terbaru untuk sepeda motor terutama Honda PCX. Sistem airbag baru ini dipasang secara vertikal, dan akan melindungi pengendara jika ada benturan dari depan.

Sebelumnya Honda juga sudah memiliki sistem airbag yang dipakai di Honda Gold Wing Tour DCT airbag. Namun perbedaanya, sistem airbag baru ini dirancang untuk tipe skuter dan atau motor kecil sehingga menjadi lebih ringkas.

Di Patenkannya sistem airbag ini diberi nama “Pocket for Scooter PCX” yang berarti kemungkinan model pertama diberikan skuter Honda yang pakai airbag merupakan PCX-series, entah itu PCX 125 atau PCX 150.

Jenis airbag baru Honda ini memiliki mekanisme atau cara bekerja yang mirip dengan airbag mobil. Adanya sensor yang terletak di bagian bodi depan untuk mendeteksi tabrakan dan mengirim sinyal untuk mengembang airbag.

Airbag diklaim dapat mengembang dalam waktu 0,04 – 0,05 detik. Pengujian yang sudah dilakukan pada kecepatan 50 kpj, saat kantung udara yang mengembang mampu mengurangi cedera kepala dan dada bagi pengendara.

Airbag akan segera mengembang apabila sensor mendeteksi ada guncangan atau kejadian kecelakaan yang terjadi di bagian depan. Kekurangannya yaitu perlindungan ini lebih fokus ancaman cari depan saja bukan dari samping atau belakang.

Meski terkesan siap diterapkan ke motor produksi massal, namun sebagaimana diketahui, paten biasanya hanya merujuk soal pengesahan kekayaan teknologi sehingga tidak berarti bakal cepat diterapkan.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment