Ini Dia Dua Cara Inreyen yang Benar Setelah Motor Ganti Piston Baru

Bintangmotor.com – Inreyen atau Break-in adalah masa dimana komponen-komponen mesin motor sedang dalam masa penyesuaian.

Melakukan masa inreyen sangat disarankan agar melakukannya dengan cara yang benar. Melakukan dengan cara yang benar akan membuat blok dan piston yang baru diganti menjadi lebih awet.

Melakukan inreyen motor sebenarnya bisa dilakukan sambil digunakan untuk pemakaian harian. Cara inreyen ini bisa dilakukan untuk Anda yang tidak mempunyai banyak waktu, bisa dilakukan saat pemakaian harian.

Namun, Anda harus mempunyai kesabaran saat inreyen motor ketika dipakai untuk harian. Usahakan putaran mesin tidak lebih dari 5.000 rpm.

Kemudian ketika membuka gas tidak boleh sembarangan, harus pelan-pelan. Cara yang kedua adalah jika Anda mempunyai motor cadangan. Caranya tinggal panaskan motor selama 15 menit, sebelum berangkat dan pulang kantor.

Hal ini dilakukan agar inreyen maksimal, tahan gas pada rpm tertentu. Agar hasil inreyen maksimal tahan gas pada 2.000 rpm. Saat melakukan inreyen di rumah jangan lupa menyediakan pendingin, minimal ada kipas angin atau blower.

Inreyen di rumah itu tidak memiliki asupan udara untuk mendinginkan mesin karena motor tidak diajak jalan-jalan, jadi rawan overheat.

Melakukan masa inreyen memang terasa rumit pada zaman sekarang yang cenderung semua ingin instan. Apalagi teknologi pembuatan part bagian dalam motor untuk saat ini sudah semakin canggih.

Namun, melakukan masa inreyen memiliki keuntungan sendiri. Pada blok dan piston yang di-inreyen terlebih dahulu lebih awet dan tahan panas.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment