Melakoni awal race dari posisi pertama, Marquez tak mampu mempertahankan posisi nya karena gempuran dari Lorenzo dan start apik dari Dani Pedrosa. Balapan berjalan seperti biasa, Lorenzo memimpin sementara di ikuti Pedrosa, Marquez, Rossi dan Bautista. Lap awal leader group terlihat rapat, Lorenzo yang biasanya melesat jauh kedepan terlihat memperlambat motornya. Hal tersebut di manfaatkan Bautista untuk mengovertake Rossi, sementara Pedrosa berusaha terus menguntit Lorenzo. Duel senggol pun sempat terjadi beberapa kali antara Lorenzo dan Pedrosa. Sempat mengambil posisi Lorenzo beberapa kali, tapi Pedrosa tak mampu mempertahankan posisinya lantaran Lorenzo terus mendesak. Alhasil, keduanya malah keluar dari race line dan kesempatan ini di manfaatkan Marquez untuk mengambil alih pimpinan balapan.

Mampu kembali ke race line, Lorenzo berada di posisi 2 dan Pedrosa harus merelakan posisi sebelumnya kepada Valentino dan Bautista. Tak butuh waktu lama, Lorenzo bisa kembali mengambil alih posisi Marquez. Ada apa dengan Marquez? Biasanya baby alien ini selalu fight.

“ Pada 10 lap awal, aku sedikit grogi dan kaku di atas motor. Aku tidak bisa mengendarai motor dengan gaya balap ku seperti biasanya karena Dani dan Lorenzo sedang bertarung dan di depan para fans itu hal sulit untuk menunggu di posisi 3”, uku Marquez seperti di lansir crash.

“ Setelah Jorge dan Dani melebar, aku maju ke tempat pertama. Ketika aku mendengar mesin Jorge dan aku pikir ‘OK, kau duluan’. Karena aku melihat bahwa ia sedang berjuang keras hari ini dan ini bukan pertarungan ku. Kami akan memiliki balapan lebih di masa depan”, lanjutnya.

Menjelang lap akhir, setelah memberikan posisi pertama untuk Lorenzo, posisi kedua pun ia berikan untuk rekan se team nya Dani Pedrosa. Yups, kita ketahui bahwa tanpa podium 1 dan 2 pun Marquez akan menjadi juara Dunia MotoGP 2013. Do’i mulai berpikir dewasa, bahwa tidak selamanya ia harus ‘fight’ pada setiap balapan, karena Kejuaraan yang terpenting.

Last lap, Lorenzo menjadi pemenang dalam race, di ikuti Pedrosa dan ketiga Marquez.

Posisi 3 Marquez membuat debutan Repsol Honda menjadi Juara Dunia MotoGP 2013 sekaligus mematahkan rekor Kenny Robert yang di ukir pada tahun 1978 lalu, sebagai pembalap rookie yang menjuarai kelas primer di tahun pertamanya. Good luck !!!