Bintangmotor.com – Memiliki motor yang menggunakan karburator merawatnya cukup mudah. Bila timbul suara kasar dan saat tarikan motor terasa berat, karburatornya bisa saja kotor.

Suara kasar atau bunyi yang disebabkan oleh karburator yang tidak berfungsi dengan baik yang berakibat motor kurang bertenaga dan bisa mogok.

Bila ingin membersihkan sendiri, gunakan cairan pembersih karburator dan injektor. Cairan pembersih karburator atau injektor sudah banyak di jual di pasaran.

Biasanya pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish dan gum, sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali.

Cara kerja cairan ini yaitu dengan membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Kalau cairannya bagus akan dapat pula membersihkan kerak di dalamnya.

Tidak disarankan membersihkan karburator menggunakan bensin atau solar, karena bisa menyebabkan karet yang ada di dalamnya menjadi getas dan mudah untuk sobek.

Bila karburator sudah membersihkan dengan pembersih khusus dapat merontokkan kotoran dan kerak yang membandel menempel di karburator dan throttle body.

Jika sudah dibersihkan tarikan motor jadi enak lagi dan pastinya sangat menguntungkan karena tidak perlu banyak semprotan sehingga lebih irit pemakaiannya.