Pilih yang mana ? Honda BeAT atau Honda Genio. Cek Perbedaannya

Bintangmotor.com – Pilihan motor matic baru dari Honda di tahun 2020 semakin banyak, mencapai 8 model motor.

Dimulai dari produksi lokal seperti Vario, PCX, ADV150 sampai yang impor misalnya SH150i dan Forza 250.

Dikutip dari motorplus-online.com (28/01) Di kelas dengan mesin terkecil yaitu 110 cc Honda mempunyai 3 model motor yaitu Scoopy, Genio dan BeAT.

Yang menarik dari tipe motor yang memiliki mesin 110cc ada 2 motor terakhir yaitu Honda Genio dan BeAT. Karena selain keduanya pakai mesin eSP 110 cc, harga kedua motor ini pun perbedaanya tidak terlalu jauh.

Honda BeAT tipe termurah yaitu CBS dijual dengan harga Rp 16.600.500 OTR Jakarta. Sedangkan harga Honda Genio yang juga sama-sama tipe CBS dijual dengan harga Rp 17.796.000 OTR Jakarta.

Dengan selisih sejutaan atau tepatnya Rp 1.195.500.000, apa sih perbedaanya kedua skutik ini ?

1. Konsep desain berbeda

Konsepnya memang menuju pasar anak muda atau milenial, namun Honda BeAT dan Genio punya desain yang berbeda. Honda BeAT mempunyai konsep desain “Dynamic Agility” yang futuristis, dengan garis-garis tajam dari lampu sampai dengan bodi sampingnya.

Sedangkan untuk Honda Genio didesain lebih kalem, bahkan cenderung retro modern ala Honda Scoopy dengan setang ala naked sport bike. Tetap saja yang jelas kedua-duanya sama-sama kompak, sehingga mudah dibawa bermanuver di jalanan padat.

2. Fitur mirip, namun penempatannya berbeda

Waktu diluncurkan pada pertengahan tahun 2019, Honda Genio memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dari Honda BeAT. Mulai dari lampu depan menggunakan LED, panel instrumen full digital, sampai power outlet 12 volt untuk charging gadget elektronik.

Namun pada All New Honda BeAT terbaru 2020, fitur-fitur keren yang ada di Honda Genio juga dipasang. Yang membedakannya cuma penempatan power outlet 12 volt, kalau Genio di bagasi sedangkan BeAT di dashboard kanannya.

3. Menggunakan rangka eSAF

Karena sama-sama dikonsep buat skutik urban anak muda, keduanya punya handling enteng atau sangat ringan dikendarai di jalanan, Ini ditunjang bobot hanya 89 kg dan wheelbase 1.256 mm, agar mudah dikendalikan. Bobot yang ringan ini berkat penggunaan rangka eSAF yang lebih ringan berkat metode proses baru.

4. Mesin eSP generasi terbaru

Salah satu andalan dari motor Honda Genio, adalah menggunakan mesin eSP generasi terbarunya. Mesin dengan kapasitas 108,2 cc ini mempunyai bore x stroke 47 x 63,1 mm, alias overstroke. Tujuannya agar tenaga yang dihasilkan sebesar 8,9 dk/7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm/5.500 rpm lebih responsif di putaran bawah.

Selain lebih responsif, mesin ini juga menjadi lebih enteng 2 kg dibanding mesin eSP 110 cc sebelumnya. Tidak lupa kaki-kaki yang sama-sama ramping, dengan menggunakan pelek ukuran 14 inci yang dibalut ban tubeless ukuran 80/90 depan dan 90/90 belakang.

5. Konsumsi BBM sama-sama irit

Pada saat peluncurannya, klaim konsumsi BBM Honda Genio disebut PT AHM tembus 59,1 km/liter. Mesin ini juga akhirnya dipakai oleh All New Honda BeAT terbaru 2020, dengan klaim konsumsi BBM lebih irit lagi yaitu 60,6 km / liter.

Pada saat peluncuran Honda BeAT 2020 menurut Makoto Dohi, Large Project Leader Honda Motorcycle bahwa ada beberapa hal yang membuat Honda BeAT menjadi lebih irit yaitu dengan setingan fuel injection, berfungsi untuk mengatur semprotan bahan bakar menuju ruang bakar.

Jadi Bro-Sis setelah mengulas kedua matic ini pilihan tinggal balik ke selera masing-masing, karena PT AHM sendiri mengakui segmentasi kedua skutik ini berbeda.

Menurut Thomas Wijaya, Direktur Marketing AHM. Kalau Honda BeAT Series ke arah lebih enerjik dan dinamis, sedangkan Honda Genio ke arah yang lebih kasual dan fashionable. Sehingga walau harganya berbeda sedikit, tapi kami melihat bahwa konsumennya berbeda.

Buat Bro-Sis bagaimana jika mau Honda BeAT namun setangnya telanjang dan speedometer full digital seperti Honda Genio? AHM menawarkan tipe motor bernama Honda BeAT Street yang pakai setang model sport dan speedometer digital.

Begitu pula jika Bro-Sis ingin Honda BeAT namun desainnya lebih kalem, ada Honda BeAT Deluxe terbaru 2020 yang warnanya lebih solid dan memakai emblem 3D.

Untuk informasi price list dan pemesanan tipe motor Honda yang kamu inginkan silahkan hubungi admin kami di No. 085883505093

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    UPDATE : JAM OPERASIONAL KAMI SAAT INI : 08:00 s/d 15:00
    +