Tanda-tanda Shockbreaker Motor Harus Segera Ganti

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com Shockbreaker motor merupakan salah satu komponen yang penting dalam motor. Shockbreaker sendiri memiliki fungsi sebagai peredam kejut yang dihasilkan saat motor dikendarai. Oleh karena itu, kondisi Shockbreaker harus tetap baik terutama Shockbreaker bagian belakang.

Shockbreaker termasuk dalam kategori komponen slow moving, artinya masa pemakaian komponen ini cukup lama. Tidak seperti oli atau kampas rem yang lebih cepat diganti.

Shockbreaker mempunyai masa pakai, walaupun memang tidak ada patokan pasti berdasarkan apa, karena hal ini tegantung dari pemakaian pengendara serta kondisi dan karakter jalan yang sering dilalui.

Meskipun begitu, lebih baik anda melakukan pengecekan ketika motor sudah memasuki usia pakai di atas 2 tahun lebih. Walaupun tidak rusak atau bermasalah, paling tidak anda mengetahui gejala yang dialami oleh Shockbreaker kendaraan anda.

Shockbreaker belakang lebih sering bekerja keras, karena hampir smeua berat motor dan pengendara bertumpu pda suspense belakang. Itulah sebabnya, jika motor sudah cukup lama dipakai sebaiknya anda mulai mengecek kondisi peredam kejut tersebut.

Cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kerusakan Shockbreaker :

  1. Melihat secara fisik

Mengecek Shockbreaker belakang, khususnya pada bagian tabung as ada rembesan oli atau tidak. Jika ada anda harus memperbaiki atau mengganti dengan yang baru.

  1. Menaiki motor dengan berboncengan

Anda akan merasakan bantingan pada Shockbreaker belakang, jika rebound alias gaya balik Shockbreaker terasa terlalu mantul-mantul atau goyang itu tandanya kebocoran oli sudah parah.

Hal itu terjadi karena hanya ulir per yang bekerja sebagai pegas. Sementara tabung as sudah tidak bekerja. Efeknya motor akan terasa goyang, terutama ketika melewati jalan bergelombang. Untuk perbaikan jangka pendek, oli yang bocor memang bisa diganti dengan oli baru dan karet sil baru. Namun lebih baiknya anda periksa di Ahass Bintang Motor terdekat komponen Shockbreaker secara keseluruhan.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment