Ternyata Sistem Pengereman CBS pada Honda ADV150 Berbeda dengan Honda Vario

Bintangmotor.com – Honda ADV150 menawarkan dua piligan sistem pengereman, yaitu ABS dan non-ABS yang disebut dengan ADV CBS.

Sistem pengereman CBS sendiri sudah tidak asing lagi untuk pecinta motor skutik Honda, karena sebelumnya sistem ini sudah diterapkan di motor Vario.

CBS atau Combi Brake System pada Vario dan ADV150 ternyata berbeda. CBS yang terdapat di ADV150 tidak menggunakan kabel seperti pada Vario, melainkan sudah menggunakan hidrolik.

CBS pada ADV150 menerapkan pengereman yang berbeda antara depan dan belakang. Daya pengereman bagian belakang lebih besar dibandingkan bagian depan. Jika bagian belakang 100 maka di bagian depan 50.

Artinya bila roda belakang itu bisa berhenti, maka ban bagian depannya masih bisa berputar. Jika bagian depan dan belakang sama,pengeremannya akan tidak nyaman seperti terbanting. Bahkan bisa jatuh. Suspensi depan tidak terlalu terekspansi jadi tidak terlalu getar ke badan.

Hidrolik yang sudah terpasang di antara roda depan dan belakang ini memiliki modulator yang mengatur berapa kekuatan rem depan dan belakang. Pada prinsipnya, bahwa hidrolik ini memiliki delay valve untuk membagi daya rem untuk rem roda depan dan rem roda belakang.

Tiga port kaliper pun terpasang di roda depan. Dua port untuk pengereman standar, dan satu port lagi untuk kerja CBS. Ke semua sistem pengereman ini diperintah berdasarkan sensor yang menakar seberapa cepat motor digunakan pada saat pengereman.

Selanjutnya, daya pengereman akan diteruskan ke diskbrake 240 mm dengan ketebalan 4 mm yang berbentuk bergelombang supaya pendinginannya bisa lebih cepat dan menangkal agar pengereman tidak licin.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment