Tips Menyimpan Helm yang Jarang Dipakai

Bintangmotor.com – Tidak sedikit pengendara motor yang memiliki helm lebih dari satu. Helm pertama untuk dipakai harian, dan biasanya helm yang lainnya hanya dipakai saat Sunday morning ride alias sunmori.

Masalahnya karena jarang dipakai tak sedikit helm yang jarang terawat. Sebab bagian pada dalam helm yang jarang dipakai berpotensi lebih besar terserang jamur yang membuat helm jadi bau.

Helm yang jarang dipakai berjamur karena salah saat menyimpan helm tersebut. Cara merawat helm yang jarang dipakai sangat mudah, yaitu pakai sarungnya.

Saat Anda membeli helm biasanya memiliki sarungnya, dan itu memiliki fungsi. Sarung tersebut dipakai saat menyimpan helm, agar helm tidak terkena debu.

Kemudian, jangan menyimpan helm saat baru saja dipakai, karena helm yang baru saja dipakai itu suhunya panas. Dalam keadaan seperti itu helm tidak boleh langsung ditutup.

Biasakan jika habis dipakai helm diangin-angin dulu. Caranya buka kaca helm, balik helmnya jadi posisi lubang di bagian atas. Lalu dudukkan di tempat dan diamkan selama kurang lebih 1 jam atau kira-kira bagian dalam helm sudah tidak panas.

Setelah itu baru disimpan pakai sarung. Jika kondisi helm yang masih panas kemudian langsung ditutup artinya tidak ada sirkulasi udara.

Sedangkan hawa panas itu akan berubah menjadi lembab. Kondisi yang lembab akan menyebabkan jamur mudah tumbuh. Itu sebabnya tidak disarankan menyimpan helm saat keadaan helm masih bersuhu panas.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment