Tips Merawat Motor Ketika Musim Hujan

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Musim penghujan ini memang membuat motor kita membutuhkan perawatan yang lebih ekstra, dikarenakan mesin dan body yang sering terkena bahkan terendam oleh air.

Jika hal seperti ini dibiarkan saja akan membuat performa motor menurun dan membuat tampilan motor menjadi jelek.

Berikut Tips Merawat Motor Ketika Musim Hujan :

  1. Rantai

Dikarenakan air hujan memiliki sifat asam, oleh karena itu air hujan dapat menimbulkan karat pada rantai motor. Apalagi untuk kondisi rantai yang tanpa penutup, itu akan sangat rentan sekali timbulnya karat.

Cara merawatnya adalah cukup melumasi rantai dengan grease dan pastikan kondisi rantai kencang sesuai standar.

  1. Kampas Rem dan Piston Cakram Rem

Kampas rem terbuat dari bahan asbes sehingga akan menggelembung ketika terkena air dan mengeras ketika mengering. Oleh karena itu sebaiknya sering-sering menjak pedal rem ketika basah agar kampas rem kering.

Rem cakram harus sering dibersihkan, karena tempatnya yang terbuka membuat rentan tertempel kotoran ketika terendam air.

  1. Busi

Merupakan komponen yang cukup vital pada motor saat musim hujan. Cara merawatnya adalah dengan membersihkan busi dan meniupnya. Pasalnya jika busi basah, akan menghambat pengapian ketika motor dinyalakan.

  1. Knalpot

Pada saat hujan biasanya kotoran akan menempel pada bagian dalam dan leher knalpot, oleh karena itu sebaiknya dibersihkan agar sistem pembuangan pada motor tetap berfungsi dengan baik.

Caranya, keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot, kemudian semprotkan oli ke bagian dalam knalpot dan olesi bagian leher kenalpot dengan grease. Yang terakhir panaskan motor kurang lebih 5 menit.

  1. Jari-jari Roda

Jari-jari pada roda bila terkena air hujan apabila tidak dibersihkan akan keropos. Oleh karena itu membersihkan jari-jari pada roda cukup penting karena bila tidak akan membahayakan.

  1. Rem Depan & Belakang

Biasanya setelah motor terkena hujan ketika kita melakukan pengereman, rem akan berbunyi. Hal ini merupakan peristiwa yang wajar karena kampas rem yang basah.

Untuk menghilangkan bunyi tersebut kita hanya perlu mengeringkan kampas rem dan tromol motor agar terbebas dari bunyi tersebut.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment