Tips Touring Pakai Motor Matic

Bintangmotor.com – Tips touring dengan motor matic perlu diperhatikan baik-baik agar perjalanan bisa aman dan menyenangkan. Tak bisa dipungkiri bahwa touring tak hanya dapat menggunakan motor gede saja, akan tetapi juga motor matic.

Dengan mengendarai motor matic, touring akan terkesan praktis. Motor matic memang dikenal mudah dikendarai. Semakin menarik untuk memilih motor matic karena bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Sebagaimana yang kita tahu, saat ini sudah banyak wanita yang juga suka touring.

Touring seringkali dilakukan sebagai bentuk kebersamaan dan memupuk jalinan tali silaturahmi agar semakin erat. Agar kebersamaan tak terganggu selama perjalanan dengan motor matic, pastikan anda simak beberapa tips di bawah ini.

1. Cek Belt CVT

Touring dengan motor matic akan terasa aman dan menyenangkan apabila anda rutin mengecek belt CVT (Continous Variable Transmission).

Saat mengecek belt CVT ini, anda perlu memperhatikan pemakaian dan standar ketebalannya. Dalam hal ini, anda bisa melihat acuan yang ada di buku service manual.

Perlu untuk anda ketahui, masing-masing tipe kendaraan memiliki acuan berbeda-beda. Namun pada umumnya, penggantian perlu dilakukan saat pemakaian sudah mencapai 20.000-25.000 km.

Jika di atas angka tersebut masih digunakan, maka akan sangat beresiko. Pastikan anda memperhatikan tips touring dengan motor matic ini.

2. Perhatikan Kondisi Ban

Selain mengecek belt CVT, anda juga perlu memperhatikan kondisi bannya. Anda jangan memaksa menggunakan motor matic yang kondisi bannya sudah gundul.

Ban gundul bisa menyebabkan pengendara tergelincir atau lepas kendali karena ban pecah. Untuk menghindari segala kemungkinan bahaya tersebut, sebaiknya anda ganti dengan ban baru.

3. Periksa Rem

Sektor pengereman tak kalah penting untuk diperhatikan. Mulai dari minyak rem hingga ketebalan kampas perlu dicek kondisinya. Pastikan semua komponen tersebut berfungsi dengan baik.

Jika anda merasakan ada hal yang aneh pada komponen tersebut, akan lebih baik jika anda langsung membawanya ke bengkel terdekat.

Anda jangan sepelekan tips touring dengan motor matic yang satu ini, terlebih jika anda ingin touring saat memasuki musim hujan. Dengan rem motor yang kondisinya prima, maka keselamatan dalam berkendara akan terjamin.

4. Perhatikan Lampu

Sektor lainnya yang juga perlu anda perhatikan saat ingin touring dengan motor matic yaitu lampu. Mulai dari lampu depan, lampu belakang, hingga lampu sein.

Jangan sampai pandangan anda terganggu karena minim penerangan. Motor dengan kondisi lampu yang tak layak pakai juga bisa mengecoh pandangan pengendara lain. Hindari tabrakan dan hal yang tak diinginkan lainnya dengan rutin mengecek lampu.

5. Perlengkapan Berkendara

Selain kondisi motor matic yang digunakan, tips touring dengan motor matic lainnya yaitu memperhatikan perlengkapan berkendara. Adapun perlengkapan tersebut seperti helm dan jaket touring.

Agar touring terasa aman dan nyaman, anda juga perlu membawa pakaian ganti, jas hujan, obat-obatan, bekal makanan dan minuman, serta tak lupa juga uang saku.

Disamping itu, gunakan alas kaki dan masker. Untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih, anda juga bisa gunakan sepatu touring yang bahannya kuat dan tahan air.

6. Pilihan Motor Matic Untuk Touring

Setelah anda mencermati apa saja tips touring dengan motor matic, ada baiknya jika anda juga tahu pilihan motor matic yang cocok untuk touring.

7. Honda Vario 125/150cc

Anda bisa touring dengan Honda Vario 125/150cc. Motor yang satu ini memiliki tenaga yang gahar, irit bahan bakar, dan mempunyai bagasi luas.

Tak bisa dipungkiri bahwa Honda Vario 125/150cc bukan hanya nyaman digunakan untuk riding harian, akan tetapi juga menempuh perjalanan jarak jauh.

Sebelum benar-benar berangkat menempuh perjalanan, anda memang perlu memahami tips touring dengan motor matic di atas.

Sumber: https://www.harapanrakyat.com/2020/01/tips-touring-dengan-motor-matic/

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment