Tips Berpakaian Saat Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor

Bintangmotor Mudik yang aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan, tentu menjadi dambaan semua orang yang melakukan perjalanan mudik. Mengingat jarak tempuh yang panjang, para pemudik dengan sepeda motor harus mempersiapkan perlengkapan termasuk riding gear yang tepat dan pakaian yang digunakan.

Pada saat mudik anda akan berada di perjalanan sampai berjam-jam atau berhari-hari. Asap kendaraan, debu dan bau keringat akan dirasakan. Berikut tips berpakaian mudik pakai sepeda motor agar nyaman dan aman:

  1. Jangan memakai pakaian yang ketat

Pakaian yang ketat akan membuat anda sendiri tidak nyaman sebaiknya dihindarkan karena membuat lebih cepat berkeringat, aliran darah tidak sempurna sehingga cepat lelah apalagi jarak mudik yang memakan waktu yang panjang membuat tidak nyaman berkendara.

Disarankan pakailah baju berkendara yg dibuat untuk touring akan menambah kenyamanan berkendara jarak jauh. Perlindungan dari touring gear juga ada, baik itu padding (pelindung), maupun dari segi tidak cepat sobek kalau diseret di aspal (scratch-resistant).

  1. Jangan memakai Aksesoris yang berlebihan

Tidak perlu memakai perhiasan berharga khusus wanita, cukup perhiasan yang mempercantik penampilan saja untuk meminimalisir resiko terjadi kejahatan. Pakailah aksesoris yang bermanfaat seperti topi dan kacamata untuk melindungi dari sinar matahari.

  1. Sepatu

Dalam berkendara jarak jauh, itu baiknya pakai alas kaki yang nyaman, tapi harus tetap bisa mengendalikan motor. Sandal jepit itu nyaman, tapi tidak bagus untuk mengendalikan motor. Yang harus dipikirkan lagi itu proteksi. Sepatu untuk motor bisa memberikan ini, dan gak semua harus berbentuk sepatu bot. Sepatu motor ini biasa juga ada pelindung jarinya, jadi kalau jatuh jari kaki gak putus. Khusus wanita sebaiknya jangan memakai alas kaki yang membuat tumit anda lebih tinggi seperti sepatu ber-hak tinggi atau wedges Karena kaki akan lebih cepat lelah.

  1. Pakai “Helm”

Gunakan Helm berstandar nasional dan internasional ketika berkendara jarak jauh. Ada baiknya, gunakan Helm model full face atau Open face perbedaan keduanya yaitu:

Kalau Helm Open Face lebih nyaman untuk jarak jauh karena kaca pelindung yang mudah dibuka-tutup membuat sirkulasi udara lebih lancar dan lebih terasa ringan di kepala. Tetapi proteksi juga agak kurang terutama kalau jatuh ke depan.

Kalau Helm Full Face jenis ini paling aman mampu melindungi muka, kepala, leher, telinga, dan dagu dengan sempurna. Namun Karena tertutup rapat, si pemakai sulit untuk bisa mendengar suara sekelilingnya. Karena akan melindungi bagian kepala secara menyeluruh terutama pada bagian wajah.

       5. Jaket

Gunakan jaket khusus ketika mudik untuk berkendara. Jaket yang memiliki bahan yang cukup tebal namun sirkulasi udaranya cukup baik sehingga tidak gerah ketika digunakan.

Jaket motor untuk touring namun bukan jaket kulit. Cari yg bahan mesh, dan tidak semua jaket motor itu panas (ini pemahaman yg masih banyak ada), dan bahan mesh ini yg tidak terlalu panas. Selain itu, perlindungan jaket motor juga bukan dari lapisan lebih tebal, tp juga dari padding (seringkali dibuat dari plastik).

Selain itu, jaket seperti ini juga telah terdapat lapisan busa pelindung yang cukup tebal di beberapa bagian seperti bahu dan siku untuk meminimalisir efek benturan ketika terjadi insiden.

 

 

 

 

Link Terkait :

http://guidanceandtips.blogspot.co.id/2017/06/tips-berpakaian-saat-mudik-lebaran.html

http://otomotif.liputan6.com/read/2261031/mudik-pakai-sepeda-motor-gunakan-pakaian-yang-tepat-dan-nyaman?source=search

http://www.kompasiana.com/whateverjeez/kelebihan-dan-kekurangan-berbagai-jenis-helm-part-2_55122e728133116254bc60dc

Posted in Informasi Mudik, Tips Motor and tagged , , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*