Bintangmotor.comSafe Riding Save Your Life, slogan tersebut sangat cocok bagi Bro-Sis, pengguna kendaraan. Resiko apapun dapat terjadi ketika sedang berkendara. Bukan hanya berbahaya untuk Anda pribadi, berkendara dengan ugal-ugalan dan tidak tahu aturan tentu bisa menjadi petaka bagi pengguna jalan lain. Untuk mencegah hal tersebut, mimin telah merangkum beberapa trik aman berkendara yang dikutip dari laman untukku.com
  1. Cek kondisi kendaraan Anda. Sebelum melakukan perjalanan terlebih lagi untuk perjalanan jauh jangan lupa cek bagian-bagian seperti bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai/aki, baut mur, kaca spion, kopling, dan rem.
  2. Pastikan membawa surat kelengkapan berkendara seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM).
  3. Gunakan helm standar baik full face maupun half face dengan kaca yang bersih agar memudahkan penglihatan.
  4. Gunakan sarung tangan yang mudah meyerap keringat agar tidak licin saat memegang handle motor, lebih baik lagi jika dilengkapi bahan keras dibagian depan tangan.
  5. Pakailah jaket yang mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun saat terjadi benturan kecil/besar. Bila perlu, gunakan rompi khusus. Pertimbangkan juga kenyamanan saat menggunakannya.
  6. Gunakan jas hujan yang terpisah (atasan+celana) dengan bahan yang tidak gampang sobek dan tidak tembus air.
  7. Pakailah sepatu yang nyaman dan aman untuk melindungi seluruh lapisan kaki, minimal menutupi daerah mata kaki. Jangan biasakan menggunakan sandal saat berkendara.
  8. Taati rambu dan lampu lalu lintas, menjaga etika, serta kewaspadaan saat berkendara. Satu lagi yang paling penting ialah membiasakan diri menerapkan prosedur keselamatan berkendara di jalan raya untuk mengurangi angka kecelakaan.

Nah, Bro-Sis cermatlah dalam berkendara untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.