Cara yang Benar Membuka Tutup Busi pada Motor

Bintangmotor.com – Tutup busi memiliki tugas yang cukup penting untuk mengantar tegangan dari koil ke busi. Namun sayangnya masih banyak yang menyepelekan fungsi dari komponen yang sering disebut dengan plug cap ini.

Yang banyak terjadi di lapangan adalah mencopot plug cap dengan menggunakan tang dan perkakas lain. Kemudian melepaskannya disaat kondisi mesin masih panas, dan membukannya dengan cara dibengkokkan atau menarik kabelnya.

Cara tersebut membuat plug cap cepat rusak. Sebab walaupun dari luarnya berupa karet lentur tapi cukup banyak komponen di dalamnya.

Plug cap karet lentur dengan tambahan resin di dalamnya, bagaimanapun resin memiliki sifat getas. Karena itu, kita tidak boleh menggunakan benda yang sifatnya merusak dan dibengkokin. Sebab didalamnya memiliki banyak komponen.

Beberapa komponen yang terdapat di dalam plug cap antara lain connector, spring contact, resistor, lock washer dan screw cord setting. Dan komponen-komponen tersebut dapat rusak jika sering dibuka dengan cara paksa.

Berikut cara yang benar membuka plug cap :

  1. Membuka plug cap hanya jika mesin dalam kondisi dingin
  2. Melepas plug cap caranya pegang kepala dan tarik perlahan, jangan ditarik secara paksa.
  3. Jika keras, putar-putar secara perlahan sambal ditarik perlahan. Jangan dipaksa.
  4. Saat memasang, pastikan kepala busi sudah terpasang sempurna ke dalam plug cap.