Apa yang Terjadi Jika Odometer Motor Mencapai Angka 999999? Begini Penjelasannya

Apakah kalian pernah melihat indikator odometer motor yang ada di panel meter mencapai angka 999999? Kemungkinan cukup kecil, kecuali kalian tipe pengendara yang memang sering bepergian.

Karena alasan inilah banyak yang penasaran ingin tahu apa yang akan terjadi pada motor kita jika tampilan indikator menunjukkan angka maksimal yang bisa ditampilkan di panel meter.

Apakah mesinnya akan ter-reset juga? Kita bongkar lebih lengkap penjelasannya di bawah.

Ini 3 Hal yang Terjadi Jika Odometer Mencapai 999.999

Ada beberapa hal yang bisa terjadi jika odometer di motor kalian mencapai angka ini. Kondisi yang terjadi bisa beda-beda tergantung motornya.

  • Angka kembali ke angka nol: Pada motor keluaran terbaru kemungkinan besar indikator odometer akan reset kembali ke angka nol (0) seperti motor baru beli.
  • Stuck atau berhenti di 999.999: Kemungkinan kedua angka ini tidak berubah sama sekali, dia stuck di situ tidak bertambah atau berkurang dan tidak reset juga
  • Kembali ke angka satu: Kemungkinan ketiga angka pada odometer akan kembali ke angka 1 dan seterusnya akan bertambah menyesuaikan dengan jarak tempuh pengendara

Ya, hanya tiga kemungkinan itu yang akan terjadi jika indikator odometer motor mencapai 999999. Tidak ada yang benar-benar istimewa tapi beberapa orang memang menganggap ini sesuatu yang unik dan tidak biasa.

Oh iya, satu lagi saat indikator reset mesin kalian tidak ikut ter-reset. Jadi, jangan berharap odometer kembali ke nol performa motor juga ikutan kembali seperti unit baru, kondisi mesin akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Cara Merawat Speedometer Motor, Terutama yang Digital!

Odometer Berhenti di Angka 999.999? Lakukan Cara Ini!

Odometer atau trip meter dirancang untuk menghitung jarak tempuh yang dicapai oleh pengendara. Mesin ini harusnya reset otomatis jika sudah mencapai angka tertentu.

Namun, pada unit motor keluaran lama yang masih menggunakan panel meter analog angka 999.999 ini tidak berubah ke nol secara otomatis.

Jika hal ini terjadi, ada baiknya untuk membawa motor tersebut ke bengkel untuk menggantinya dengan yang baru. Tidak ada cara lain untuk mereset odometer yang stuck di angka tersebut.

Anda juga perlu melakukan hal yang sama jika motor baru beli tapi odometernya tidak bertambah padahal sudah digunakan berkendara. Proses service jika masih dalam garansi bisa diganti baru secara free.

Jika bagian odometer atau speedometer motor Honda bermasalah atau ada error, jangan ragu untuk mendatangi bengkel AHASS Bintang Motor terdekat. Kami akan melakukan perbaikan bagian odometer tersebut agar bisa berfungsi seperti semula.

Terlebih lagi untuk service digital panel meter di unit motor terbaru kalau bisa di bengkel resmi supaya lebih aman. Info bengkel AHASS bisa Anda ketahui melalui website bintangmotor.com!