Alasan Honda ADV150 Memakai Shock Breaker Belakang Subtank

Bintangmotor.com – Munculnya skutik adventure Honda ADV150 cukup menyita perhatian. Dengan tampilan adventure, motor matic ini dinilai cocok untuk semua kalangan.

Bukan hanya penampilan dan desainnya saja yang baru, namun beberapa komponen dan aksesorisnya juga baru. Termasuk shockbreaker belakang model subtank.

Tim mekanik atau teknisi Honda sudah melakukan sebuah penelitian dan membedah suspense ini.

Pada bagian tabung, terdapat saluran yang tersambung dengan bagian utama suspense, dan di sisi dasar tabung ada balon karet. Balon itu berfungsi untuk tempat oli.

Suspense ADV150 ini masih single tube, tapi karena kebutuhan motor yang kemungkinan akan sering melewati jalan yang bumpy. Agar performa suspense selalu stabil maka ditambahkan subtank.

Dengan adanya subtank maka oli akan lebih banyak, dan ini memberikan keunggulan ketika suspense bekerja naik turun dengan cepat.

Saat suspense bekerja, ada kemungkinan oli bercampur dengan udara sehingga timbul buih. Jika buih sampai terkena piston suspense, maka suspense akan amblas secara mendadak karena ada tahanan dari oli. Dan efeknya traksi roda bisa hilang sesaat.

Dengan adanya subtank dan oli lebih banyak, maka kemungkinan buih sampai kena piston bisa dicegah. Jadi kinerja suspense akan lebih konsisten.

Saat suspense tertekan atau di langkah kompresi balon udaranya akan mengempes akibat tertekan oli, lalu akan balik mengembang saat langkah rebound karena oli kembali naik.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment