Bintangmotor.com – Tangki mesin merupakan sebuah part yang penting untuk motor. Untuk jenis motor tertentu, bentuk tangki sebagai penentu seberapa macho motor tersebut.

 

Namun bila tangki motor bocor bagaimana?

Tangki bensin terbuat dari bahan logam, sehingga tidak menutup kemungkinan akan terjadinya kebocoran.

Penyebab pertama yang membuat tangki bocor adalah terjadinya korosi yang menyebabkan logam pada tangki berkarat. Jika berkarat kemudian dibiarkan saja, maka akan terjadi kebocoran.

Biasanya karat terjadi karena ada air yang masuk ke dalam tangki. Air bisa masuk ke dalam tangki diantaranya karena :

  1. Bocor dari tutup bensin
  2. Embun yang ada di tangki
  3. Korosi air hujan

Jika terjadi kebocoran pada tangki bensin motor kita, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebocoran tersebut. Diantaranya :

  1. Tambal dengan lem G

Cara yang sangat mudah untuk menambal tangki yang bocor adalah dengan menggunakan lem G. Namun lem G hanya bisa digunakan saat tangki bensin bocor di satu titik saja.
Caranya adalah gosok halus bagian yang akan ditambal, kemudian tuangkan lem G pada bagian tersebut. Lalu beri bedak atau serbuk pasir pada area tersebut, terakhir tutup kembali dengan lem G.

  1. Menggunakan patri

Jika bocornya terlihat memanjang, cara yang tepat adalah dengan menggunakan patri. Caranya adalah anda hanya perlu mencopot bagian tangki, kemudian membawa ke tukang patri untuk diperbaiki.

  1. Menggunakan resin

Anda cukup mengosongkan tangki hingga benar-benar kering, saat sudah kering tuangkan resin yang sudah dicampur dengan thinner A ke dalam tengki bensin. Pastikan campuran tidak terlalu encer. Setelah itu, putar-putar tangki motor agar merata dan melapisi seluruh bagian yang bocor. Dan jangan lupa untuk membolongi saluran bahan bakarnya ya.