6 Kelebihan Motor Kopling Dibanding Motor Jenis Lain

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Motor kopling atau motor manual dikenal sebagai kendaraan bermotor yang nyaman bagi pengendaranya, karena anda dapat mengontrol penuh kinerja mesin bukan hanya itu saja kelebihan motor kopling.

Apalagi untuk perjalanan yang jauh, motor kopling yang sudah terkenal akan kenyamanannya adalah Honda Megapro dan Honda CB400. Motor kopling memang dirancang untuk nyaman dalam perjalanan jauh.

Walaupun cara mengendarainya lebih susah, hal tersebut tidak akan mengganggu bagi anda yang sudah mahir mengendarai sepeda motor khususnya yang berkopling.

Berikut 6 Kelebihan motor kopling :

  1. Full control dalam oper gigi

Perpindahan transmisi motor anda bisa diatur sesuai keinginan. Ingin menggeber gas kencang atau membuat halus juga bisa. Semua dikendalikan oleh kopling yang berada di sebelah tangan kiri anda.

  1. Oper gigi bisa halus banget

Berbeda dengan motor bebek, kadang kita harus memaksakan kaki untuk mengoper gigi walaupun proses perpindahannya berat. Di motor kopling, proses perpindahan gigi akan dibuat sehalus mungkin, karena tidak terpaut dengan putaran dari mesin. Sehingga kondisi gear anda akan selalu terawatt dan tahan lama.

  1. Pengaplikasian engine brake lebih mudah

Engine brake adalah salah satu teknik untuk memperlambat laju motor dengan memanfaatkan mesin motor itu sendiri. Dengan motor kopling itu sangat mudah, anda tinggal menarik tuas kopling dan melepasnya perlahan hingga perlahan motor melambat. Anda juga bisa menurunkan gigi terlebih dahulu sebelum melakukan engine brake, dijamin motor anda akan melambat tanpa harus menggunakan rem motor.

  1. Biaya perawatan murah

Hanya dengan servis rutin dan ganti pelumas, kesehatan dari motor kopling akan selalu terjaga. Berbeda dengan motor matic yang banyak jenis perawatannya seperti CVT, roller, belt, dan ada 2 oli yang harus rutin diganti.

  1. Perawatan mudah

Selain murah, motor kopling adalah motor yang perawatannya sangat murah. Proses ganti oli bisa anda lakukan sendiri tanpa harus menggunakan jasa montir. Selain itu menservis motor di bengkel hanya 2-3 bulan sekali.

  1. Aman dalam berkendara

Selain kenyamanan dan kemudahan yang diberikan, aspek keamanan juga menjadi poin yang lebih untuk motor dengan transmisi manual. Karena seringkali motor matic dan bebek melaju tak terkendali disaat yang tidak diinginkan. Berbeda dengan motor kopling, ketika anda ingin mengendarai motor kopling, pasti tangan kiri sudah siap menggenggam tuas kopling sebagai control dari motor anda.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment