Keuntungan dan Kekurangan Memiliki Sepeda Motor

Setiap alat transportasi pasti bisa memberikan keuntungan dan kekurangan tersendiri. Ini adalah persoalan yang wajar, tetapi sampai detik ini masih banyak ditanyakan oleh orang yang bingung antara mau beli motor atau mobil.

Baiklah untuk mencari jawaban tersebut kami perlu menjelaskan secara jujur kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan kendaraan roda dua yang satu ini. Harapannya Anda bisa menemukan jawaban mengenai layak atau tidaknya sepeda motor untuk dibeli menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari yang Anda lakukan.

Keuntungan Memiliki Sepeda Motor Gampang Nyalip Hingga Bayar Pajaknya Murah

Dua poin di atas saja sebenarnya sudah cukup membuat orang tergiur untuk membeli motor. Bisa dibayangkan, kalau kalian tipe orang yang benci dengan masalah yang namanya “macet”, pasti akan membeli motor tanpa pikir panjang karena nyalipnya lebih gampang di jalanan yang padat.

Jual Motor Honda Keluaran Terbaru, Hanya Disini

Melewati gang-gang sempit juga lebih memungkinkan kalau naik motor, inilah kenapa ojek motor jauh lebih banyak jumlahnya dibandingkan ojek mobil, khususnya di Indonesia.

Selain itu, pembayaran pajak motor juga jauh lebih murah (kalau enggak kena denda alias nunggak). Jumlahnya cuma 2% dari harga jual, motor sejuta umat seperti Honda Scoopy tidak perlu pusing memikirkan pajak, karena biaya yang dikeluarkan masih tergolong murah.

Adapun untuk keuntungan memiliki motor yang di aspek lainnya yaitu:

1. Perawatannya mudah, tidak banyak hal yang perlu kalian pikirkan soal perawatan berkala untuk sepeda motor. Bagian yang sering dicek biasanya oli, rem, kondisi ban. Servicenya juga mudah tidak hanya tersedia di kota, bahkan area pedesaan juga minimal biasanya ada satu bengkel motor

2. Hemat BBM, konsumsi bahan bakar yang perlu disiapkan sangatlah terjangkau. Pertamax per liter mulai Rp14.200, sedangkan pertalite per liter mulai Rp10.000-an saja sudah bisa jalan-jalan

3. Parkirnya mudah, kami tidak tahu apakah ini tergolong masalah yang besar atau tidak yang pasti cara memarkirkan motor lebih gampang dibandingkan mobil. Kalaupun kesusahan ada tukang parkir yang bisa membantu dengan senang hati asalkan dikasih tip seikhlasnya. Bicara mengenai urusan parkir, biasanya biaya parkir motor lebih murah dibanding mobil

4. Cocok untuk merintis usaha, kalian pasti sudah sering menjumpai abang-abang keliling jualan cilok, siomay, tahu bulat, dan sebagainya. Pasti kebanyakan dari mereka menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan utama untuk berjualan. Ini membuktikan bahwa sepeda motor fungsinya lebih dari sekadar alat transportasi biasa

5. Tidak terlalu merepotkan saat mogok, motor yang mogok itu mudah diatasi. Bisa di stut asalkan jaraknya tidak terlalu jauh, karena ini juga sebenarny cukup berbahaya bagi pengendara kalau belum mahir.

Kekurangan Memiliki Motor Apa Saja?

Tidak 100% sempurna, motor juga punya kekurangannya sendiri dan bagi sebagian orang ini sama sekali bukan persoalan yang sepele. Berikut ini beberapa kelemahan kendaraan roda dua yang mungkin ingin kalian ketahui.

1. Tidak Terlindung Dari Panas dan Hujan, naik motor harus siap dengan konsekuensi cuaca yang tidak menentu. Berangkatnya panas, tapi pulangnya hujan kalau tidak bawa mantel bisa basah kuyup risiko sakit jadi bertambah. Intinya kalau kalian kurang suka dengan hal ribet semacam ini, maka agak sulit untuk merekomendasikan untuk beli motor. Sepertinya mobil menawarkan kenyamanan yang lebih baik.

2. Melelahkan Ketika Diajak Jalan Jauh, namanya juga motor kalian harus menjaga keseimbangan nonstop saat mengendarainya. Inilah alasan kenapa sepeda motor cukup merepotkan jika dibawa jalan-jalan jauh misalnya sampai lintas pulau atau mungkin Banten – Banyuwangi juga sudah cukup melelahkan kalau naik motor. Tangan rasanya pegal-pegal, kami yakin kalian yang suka touring sekalipun pasti pernah merasakan hal ini.

3. Tidak Bisa Muat Banyak Penumpang dan Barang, satu motor hanya boleh dipakai dua orang, tidak boleh lebih karena ini tidak sesuai dengan ketentuan dan sangat berbahaya. Selain itu, kapasitas bagasinya juga kecil maksimal ada di Honda PCX 160 2023 dan ADV sekitar dengan kapasitas 30 liter, sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan mobil yang bisa membawa banyak koper dalam sekali jalan.

Itu dia keuntungan dan kekurangan memiliki sepeda motor semoga bisa memberikan sedikit gambaran mengenai kendaraan roda dua yang satu ini. Hal yang pasti motor dan mobil itu penggunaannya beda, meskipun sama-sama transportasi. Tidak semua orang memerlukan mobil untuk bepergian begitu pula sebaliknya dengan kendaraan roda dua.

Paling bagus memang kalu punya keduanya, jadi bebas mau naik yang mana sesuai dengan kebutuhan. Kalau mau beli motor baru pastikan pilih dealer Honda Bintang Motor, karena hanya kami siap memberikan banyak kejutan dan promo menarik untuk Anda. Pembelian cash atau kredit pasti menguntungkan.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment

    Hati-Hati Penipuan

    Hanya Lakukan Transaksi di Dealer Resmi Honda Bintang Motor
    Pembayaran Hanya Melalui Rekening Resmi kami
    Pastikan Anda Melakukan Transaksi dengan Karyawan Resmi Kami