Pertanyaan:

Halo Honda Bintang Motor, saya ingin konsultasi sekaligus minta informasi untuk motor Honda Revo Absolute tahun 2009 saya. rencana saya ingin upgrade performa motor Revo saya atau istilahnya korek harian. Informasi yang saya butuhkan antara lain:
1. Apa saja part yang musti diganti dan estimasi biayanya? ( knalpot racing, CDI racing, coil, dll )
2. Jika saya membeli part- part tersebut di luar, apakah di Bintang Motor bisa melakukan pemasangannya saja?
3. Apakah perlu dilakukan servis besar jika sekarang motor saya sudah 34.000 KM?
4. Baut penutup bawah karburator sudah rusak dan kondisi sekarang diakali dengan yang lebih besar agar tidak rembes lagi. Apakah perlu ganti karburator juga?
Demikian pertanyaan saya dan harap di respon  dengan baik. Terima kasih

Andre
Bogor

Jawaban:

Salam Satu Hati, salam kenal mas Andre. Langsung saja saya jawab pertanyaan dari mas Andre tersebut.
1. Untuk meningkatkan performa motor namun aman di pakai untuk harian sebenarnya cukup dengan ganti CDI standar ke CDI racing ( bisa gunakan CDI BRT Dualband : harga kisaran 500.000). Penggunaan CDI BRT ini disarankan untuk menggunakan coil standar bawaan motor, jadi untuk coil tidak perlu di ganti. Dari sisi pembuangan, mas Andre bisa aplikasikan knalpot free flow. selain itu bisa pula lakukan porting & polish (estimasi 400.000) saluran in dan ex agar input dan output bbm serta gas buang lebih lancar. Namun perlu diperhatikan pula, kondisi mesin apakah sehat atau ada beberapa part yang perlu di ganti. Sebelum melakukan upgrade ada baiknya mas Andre cek beberapa komponen mesin seperti rantai keteng set dan gear pompa oli (masa pakai keteng & gear pompa oli kirasan 25.000 KM). Bagian lain yang perlu di cek yaitu piston, ringpiston, dan kanvas kopling. Pastikan kondisinya masih bagus & layak, sehingga hasil upgrade mesin bisa maksimal.
2. Pemasangan bisa di lakukan di bengkel kami, tetapi tentunya dengan pertimbangan plus minusnya, karena tidak semua part after market punya kualitas sama.
3. Jika motor tidak ada keluhan, tidak perlu dilakukan bongkar mesin. Cukup pengecekan saja seperti cek piston, ring piston, keteng dan cek suara mesin. Namun  ada baiknya cek juga kondisi ruang bakar, bila kerak di ruang bakar tebal sebaiknya di bersihkan, untuk tambahannya bisa dilakukan skir klep.
4. Selama karburator masih berfungsi dengan baik, tidak perlu di lakukan penggantian. Namun jika mas Andre ada bugjet lebih, tidak masalah kalau ingin di ganti 😀

Demikian jawaban dari kami, semoga bisa menjadi masukan untuk meningkatkan performa motor mas Andre. Untuk pengerjaan upgrade motor tersebut, mas Andre bisa datang ke bengkel racing Bintang Motor yaitu Bintang Racing Team.

Terima kasih
AHASS Bintang Motor