Konsultasi: Upgrade Performa Motor Revo

Pertanyaan:

Halo Honda Bintang Motor, saya ingin konsultasi sekaligus minta informasi untuk motor Honda Revo Absolute tahun 2009 saya. rencana saya ingin upgrade performa motor Revo saya atau istilahnya korek harian. Informasi yang saya butuhkan antara lain:
1. Apa saja part yang musti diganti dan estimasi biayanya? ( knalpot racing, CDI racing, coil, dll )
2. Jika saya membeli part- part tersebut di luar, apakah di Bintang Motor bisa melakukan pemasangannya saja?
3. Apakah perlu dilakukan servis besar jika sekarang motor saya sudah 34.000 KM?
4. Baut penutup bawah karburator sudah rusak dan kondisi sekarang diakali dengan yang lebih besar agar tidak rembes lagi. Apakah perlu ganti karburator juga?
Demikian pertanyaan saya dan harap di respon  dengan baik. Terima kasih

Andre
Bogor

Jawaban:

Salam Satu Hati, salam kenal mas Andre. Langsung saja saya jawab pertanyaan dari mas Andre tersebut.
1. Untuk meningkatkan performa motor namun aman di pakai untuk harian sebenarnya cukup dengan ganti CDI standar ke CDI racing ( bisa gunakan CDI BRT Dualband : harga kisaran 500.000). Penggunaan CDI BRT ini disarankan untuk menggunakan coil standar bawaan motor, jadi untuk coil tidak perlu di ganti. Dari sisi pembuangan, mas Andre bisa aplikasikan knalpot free flow. selain itu bisa pula lakukan porting & polish (estimasi 400.000) saluran in dan ex agar input dan output bbm serta gas buang lebih lancar. Namun perlu diperhatikan pula, kondisi mesin apakah sehat atau ada beberapa part yang perlu di ganti. Sebelum melakukan upgrade ada baiknya mas Andre cek beberapa komponen mesin seperti rantai keteng set dan gear pompa oli (masa pakai keteng & gear pompa oli kirasan 25.000 KM). Bagian lain yang perlu di cek yaitu piston, ringpiston, dan kanvas kopling. Pastikan kondisinya masih bagus & layak, sehingga hasil upgrade mesin bisa maksimal.
2. Pemasangan bisa di lakukan di bengkel kami, tetapi tentunya dengan pertimbangan plus minusnya, karena tidak semua part after market punya kualitas sama.
3. Jika motor tidak ada keluhan, tidak perlu dilakukan bongkar mesin. Cukup pengecekan saja seperti cek piston, ring piston, keteng dan cek suara mesin. Namun  ada baiknya cek juga kondisi ruang bakar, bila kerak di ruang bakar tebal sebaiknya di bersihkan, untuk tambahannya bisa dilakukan skir klep.
4. Selama karburator masih berfungsi dengan baik, tidak perlu di lakukan penggantian. Namun jika mas Andre ada bugjet lebih, tidak masalah kalau ingin di ganti 😀

Demikian jawaban dari kami, semoga bisa menjadi masukan untuk meningkatkan performa motor mas Andre. Untuk pengerjaan upgrade motor tersebut, mas Andre bisa datang ke bengkel racing Bintang Motor yaitu Bintang Racing Team.

Terima kasih
AHASS Bintang Motor

Comments

  • firdiansyah
    Februari 16, 2021 at 11:04 am

    Salam bapak2 tehnisi

    maaf saya mau bertanya ttg sepeda motor saya revo absolute 110 2009 yg telah turun mesin karena oli tidak naik disebabkan saringan penuh dg kotoran dan telah ganti :

    1. boring/liner baru di oversize 50 (diperbaharui karena ada yang patah)
    2. piston (oversize 50)
    3. stang piston
    4. sepasang bearing bandul
    5. rantai keteng
    6. gir pompa oli
    7. valve
    8. rumah kopling dikeling ulang karena sdh kocak

    dari sparepart angka 2 sampai 7 saya beli ori di stand AHM utk spd mtr revo abs 110 2009.

    yang menjadi pertanyaannya saya adalah :

    1. kenapa setelah perakitan, kedua valve in/ex menabrak piston. (untuk menghindari tabrakan tersebut, saya koak lagi piston tersebut +/- 5mm). saya jg sdh chek ulang kode sparepart stang piston yang tertera di nota (chek di website, tdk mendatangi stand AHM tempat membeli. dan keterangan yg saya dapat memang untuk revo abs tsb. (maaf nota sdh saya buang, jd ngg bisa ngasih kodenya).

    2. kenapa busi cepat hitam, dan saat saya buka lagi silinder head, ruang bakar dan piston menghitam. dan hitamnya busi serta ruang bakar yaitu kering tidak berminyak.

    3. bensin sangat boros, full tanki habis utk 40 km.

    4. apakah yang harus saya ganti lagi untuk mensikronkan dg piston 50, maksudnya agar power nya tercapai sesuai dg oversize pistonnya, dan tidak boros.

    maaf jika pertanyaan terlalu banyak. dan saya ucapkan terima kasih, dan semoga semakin sukses semua. aamiiin

Add a comment