Penyebab Knalpot Motor 4-Tak Ngebul Alias Berasap

Bintangmotor.com – Keluarnya asap putih dari knalpot motor 4-tak hingga seperti motor 2-tak dikarenakan beberapa penyebab.

Penyebabnya tak lain karena kerusakan sebagian besar part hingga menyebabkan timbulnya asap dari bagian ruang bakar.

Motor 4-tak mengeluarkan asap putih dari knalpot karena masuknya pelumas atau oli ke ruang bakar.

Untuk penjelasan lebih lanjut, simak penjelasan berikut:

1.Ring Piston Lemah
Motor 4-tak ngebul bisa dikarenakan oleh ring piston yang sudah lemah. Ring piston yang lemah biasanya disebabkan oleh pelumasan dan juga masa pakai.

Ring piston memiliki fungsi untuk menjaga kompresi dan juga menyapu oli di dinding liner agar tidak masuk ke ruang bakar.

Jika ring piston sudah lemah sudah pasti kompresi menurun, oli juga menyelinap ke ruang bakar dan akhirnya ikut terbakar. Itu yang membuat tenaga mesin menjadi loyo dan ngebul.

2. Seal Klep Rusak
Selain karena ring piston, motor 4-tak yang ngebul juga bisa dikarenakan seal klep. Seal yang memisahkan antara ruang head silinder dengan payung klep ini bisa getas atau robek yang bisa menjadikan ngebul.

Karena getas oli jadi bisa menyelinap masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar bersama bensin. Penyebab seal klep getas beragam, tetapi kerusakan pada seal klep sering terjadi karena usia pakai yang sudah melewati batas.

3. Blok Silinder Baret
Penyebab lainnya bisa jadi karena blok silinder. Biasanya blok silinder sudah baret menyebabkan celah untuk oli dari bawah (crankcase) menyusup ke atas (ruang bakar).

Penyebab blok silinder baret sama dengan kerusakan pada ring piston. Bisa disebabkan dari kualitas pelumas yang buruk, misalnya telat ganti oli hingga volumenya berkurang.

4. Bosh Klep Goyang
Penyebab yang terakhir menyebabkan motor 4-tak ngebul adalah bosh klep. Terdapat kemiripan dampak kerusakan bosh klep seperti dengan seal klep.

Saat bosh klep goyang itu sebenarnya membuat celah oli menyusup ke ruang bakar. Selain terdengar berisik, oli bisa masuk ke ruang bakar dan akhirnya ngebul.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment