Bintangmotor.com- Repsol, perusahaan energi asal Spanyol dan Honda, produsen motor asal Jepang telah menjalin kerjasama sejak Februari 1995.  Kerjasama keduanya tidak hanya terbatas pada pendanaan dalam bidang balap, tetapi layaknya sebuah tim, keduanya berupaya menciptakan banyak mesin canggih dan formula pelumas yang pas untuk berbagai mesin motor.

Dikutip dari otospirit serta kompas, Rabu, 7 Desember 2016 lalu, kedua perusahaan tersebut mengumumkan kepada publik perihal disepakatinya perpanjangan kontrak kerjasama hingga musim MOTOGP 2018. Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Direktur Jenderal Komunikasi Repsol, Begoña Elices dan General Manager of Race Operations Honda Racing Corporation (HRC), Tetsuhiro Kuwata. Bukan hanya itu, dua pebalap, Marc Marquez dan Dani Pedrosa juga sudah memperpanjang kontrak dengan HRC selama dua tahun ke depan hingga kerjasama antara Honda dan Repsol berakhir.

Selama kurang lebih 21 tahun menjalin kerjasama, Repsol dan Honda meraih 12 gelar juara, 151 seri kemenangan, dan 392 podium di kelas 500cc MOTOGP. Lebih dari setengah gelar juara dunia kelas primer sejak 1995 juga telah diraih tim Repsol Honda. Mulai Mick Doohan, Alex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, Dani Pedrosa, dan Marc Marquez.

Tetsuhiro Kuwata, General Manager of Race Operations Honda Racing Corporation (HRC) menuturkan, “kami senang perpanjang kontrak dengan sponsor utama kami Repsol sampai akhir 2018. Tahun ini kami merayakan ini sekaligus merayakan gelar juara ke-12 yang diraih dalam 22 tahun hubungan kerjasama diantara keduanya.

“Ini adalah pencapaian luar biasa. Banyak keuntungan yang diraih oleh masing-masing pihak. Kerjasama ini menyebabkan kombinasi sempurna pada rider, sepedamotor, bahan bakar, dan pelumas.” pungkas Tetsuhiro Kuwata