Ironis melihat berbagai bencana yang ada di Indonesia, baik di pengujung tahun 2013 dan awal 2014, belum selesai erupsi gunung Sinabung yang ada di Tanah Karo Sumut, Indonesia di hadapkan pada kenyataan untuk menghadapi musibah banjir. Tak hanya di Jakarta yang notabene langganan banjir, dengan tiba- tiba pula saudara- saudara kita yang ada di Manado, mengalami musibah serupa yaitu banjir bandang. Ikut merasakan penderitaan dan ingin meringankan beban mereka, PT Astra Honda Motor bersama jaringannya mengadakan Peduli Banjir Jawa dan Manado.

Di Pulau Jawa, tepatnya di Jakarta, AHM membagi- bagikan sembako dan makanan untuk masyarakat pada tgl 19 januari di sekitar perusahaan di Sunter. Secara terpisah pula, PT Wahana Makmur Sejati ( main dealer Honda wilayah Jakarta & Tangerang), mengadakan servis gratis, oli dan busi serta diskon spare part 15% bagi korban banjir yang melakukan penggantian suku cadang.

Program ini dilaksanakan dalam beberapa tahap di beberapa lokasi. Tahap pertama, berlangsung mulai 14-17 Januari 2014 di 13 AHASS terdekat dengan titik lokasi banjir, yaitu di AHASS Robinson II – Cengkareng, Indo Motor – Cengkareng, Asia – Kebon Jeruk, Trihusada – Kebayoran Lama, Kawi Indah Jaya Motor I – Pasar Minggu, Wanahaartha Ritelindo – Jatinegara, El Bahar Prima – Jatinegara, Wijaya – Jatinegara, Artha Mas – Jatinegara, Wahanaartha Ritelindo – Kalimalang, Kebumen – Kc.Makasar, Indi Jaya Motorindo – Karang Tengah, dan Wahanaartha Ritelindo – Karang Tengah.

Tahap kedua berlangsung mulai 18-20 Januari 2014 di 3 posko yang disiapkan di lokasi terdekat dengan lokasi banjir yaitu di Kalibata, Jakarta Selatan,  Kampung Pulo, Jakarta Timur, dan Karang Mulya, Tangerang. Tahap ketiga, program ini akan digelar mulai 23-26 Januari 2014 di lokasi yang berdekatan dengan banjir di Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Selain wilayah Jakarta & Tangerang, Di Jawa Barat, bekerja sama dengan PT Daya Adicipta Mustika (main dealer Honda wilayah Jawa Barat), AHM juga menyelenggarakan program pebaikan motor dan penggantian oli serta busi secara gratis kepada para korban banjir. Untuk service gratis diselenggarakan mulai 21-23 Januari 2014 di 15 AHASS Siaga yang tersebar di Bekasi, Indramayu, Karawang, dan Subang. Di Bekasi terdapat AHASS Merdeka Motor, Graha Prawira Daniswara, Surya Jaya Motor, Merdeka Motor, Amarta Mitra Sejati, Cakra Laksana Sakti, Rifana Setia Perkasa, Cibitung Motor Mandiri, Intan Mulia, dan Yadi Motor. Adapun di Indramayu terdapat AHASS Mulia Motor dan Mawar Motor. Di Karawang, AHASS Star Motor Telagasari dan Harika Prima Sakti sedangkan Subang terdapat AHASS Daya Anugrah Mandiri dan Pandawa Motor.  Selain itu juga didirikan Posko Siaga yang siap membantu korban banjir mulai 24-26 Januari 2014 di Pos penjualan PD. Lima Motor, Cilamaya – Karawang, Jatibening, Pondokgede-Bekasi, Pamanukan-Subang, dan Patrol–Indramayu.

Tak hanya di Pulau Jawa, bersama PT Daya Adicipta Wisesa (DAW-main dealer Sepeda Motor Honda wilayah Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara), AHM juga menggelar program peduli untuk masyarakat yang menjadi korban musibah banjir bandang dan tanah longsor yang sempat memporak-porandakan provinsi Sulawesi Utara pekan lalu.

 Sebanyak 700 paket makanan dan minuman dibagikan kepada para korban banjir di wilayah Karombosan dan Sario, Manado. Aksi peduli ini dilanjutkan pada 18 Januari bersama komunitas Honda yang tergabung dalam Ikatan Motor Honda Sulut (IMHS) dengan mengadakan bakti sosial dan pembagian paket makanan dan minuman (17/1/2014).

Bagi konsumen Honda yang menjadi korban banjir di Manado, AHM dan DAW memberikan mengadakan memberikan pelayanan service gratis dan penggantian AHM Oil gratis bagi pengguna sepeda motor Honda di 4 titik yang berdekatan dengan lokasi banjir yakni Amarta, Nasional Motor, Steddy Motor dan DAW. Para mekanik handal dan terlatih pun dilibatkan untuk memberikan pelayan service gratis dan penggantian AHM Oil gratis ini.

Akhir kata, semoga sedikit bantuan ini banyak manfaat untuk mereka yang tekena musibah. Uluran tangan kita sangat mereka butuhkan, sebenarnya tidak semua harus dengan materi, bantuan moril juga mereka butuhkan. Ayo berlomba- lomba menolong sesama.., 🙂