Service Motor Honda Resmi dan Nyaman Ya di AHASS

Bintangmotor.com – Service motor honda merupakan perawatan berkala yang harus dilakukan untuk semua motor, baik itu motor sport, cub, maupun skutik. Melakukan perawatan untuk setiap motor memiliki waktu yang berbeda-beda, tergantung dengan anjuran pabrik dan pemakaian si pemilik. Tujuan menservis motor yaitu untuk meremajakan kembali kinerja mesin sepeda motor.

Manfaat service motor Honda di AHASS resmi adalah :

1. Performa Motor Terjaga

Penggunaan sepeda motor yang digunakan untuk beraktifitas sehari-hari, mambuat penurunan fungsi pada sejumlah komponen di dalamnya. Sejumlah komponen mesin juga akan merasakan dampaknya. Kotoran sisa pembakaran, atau endapan sisa oli mesin yang juga dapat mengganggu kinerja mesin. Servis motor secara berkala dapat menjaga kinerja mesin sehingga performanya bisa kembali normal lagi dan bertenaga.

2. Menjaga Keawetan Mesin

Kualitas sepeda motor secara keseluruhan bisa menurun seiring berjalannya waktu. Jika Anda tidak berniat ingin mengganti sepeda motor, maka lakukan servis motor secara rutin untuk menajaga keawetan mesin. Servis motor dapat mengurangi resiko timbunyal kerusakan berat, sehingga tidak perlu mengganti komponen mesin yang tentunya lebih mahal.

3. Hemat Bahan Bakar

Salah satu keuntungan dari servis motor secara berkala yaitu menjadi hemat bahan bakar. Karena kondisi motor akan tetap terjaga, maka konsumsi bahan bakar motor akan tetap irit dibandingkan dengan motor yang tidak pernah diservis secara rutin. Servis motor berkala membuat pembakaran tetap maksimal sehingga penggunaan bensin pun jadi lebih irit.

4. Motor Menjadi Lebih Aman

Dengan servis motor secara berkalapun bisa membuat Anda bisa mengetahui keadaan motor secara menyeluruh. Selain melihat kondisi sepeda motor dari luar maupun dari dalam mesin, Anda juga bisa mengetahui apakah motor Anda masih aman untuk digunakan atau tidak dalam beraktifitas harian.

5. Biaya Perawatan Lebih Hemat

Jika kerusakan pada motor terdeteksi lebih awal, maka biaya perawatan pun akan lebih murah. Dengan menunda-nunda waktu servis, bisa jadi menyebabkan kerusakan motor menjadi semakin parah dan berimbas pada komponen lainnya, sehingga biaya perawatan pun akan lebih mahal.

Secara umum, servis motor dibagi menjadi 2 yaitu servis ringan dan servis berat. Untuk servis ringan biasanya dilakukan pada beberapa bagian seperti karburator, bagian kopling, ganti seher, dan servis bagian CVT.

Sedangakan untuk servis berat adalah servis besar yang membongkar seluruh bagian mesin pada motor hingga menjadi 2 bagian, biasanya dibilang dengan turun mesin. dan dilakukan untuk keperluan mengganti bagian dalam komponen mesin motor.

Berikut penjelasannya :

• Servis Ringan

Servis ringan adalah sebuah perbaikan motor yang tidak perlu melakukan turun mesin sepeda motor dari krangka. servis ringan pada sepeda motor meliputi pelepasan silinder head dan kepala silinder, serta melepas magnet pada bak mesin bagian kiri, pelepasan komponen kopling dan sistem pompa oli.

Pengerjaannya meliputi pembersihan kerak pada ruang bakar, pembersihan sistem aliran bahan bakar dan pelumasan, kerak oli yang berada di dinding mesin juga harus dibersihkan dengan cairan bersih.

• Servis Berat

Pada servis berat, umumnya yang akan dilakukan mekanik adalah membongkar mesin mengecek dan membersihkan tiap-tiap komponen. Karena, pada jarak tertentu di ruang bakar terdapat kerak sehingga mengganggu proses pembakaran.

Dari beberapa komponen yg ada yang biasanya diganti di antaranya adalah piston, ring piston, dan packing full set. Piston dan ring piston yang sudah tidak presisi bisa membuat oli merembes ke ruang bakar dan pada akhirnya menghasilkan asap putih yang keluar dari knalpot.

Bila sudah mengetahui seberapa pentingnya servis motor secara berkala, pastikan anda untuk selalu memperhatikan kesehatan dan kenyamanan motor Anda.

Pastikan untuk selalu melakukan perawatan sepeda motor anda di Ahass Bintang Motor bengkel resmi milik Honda. Untuk menghindari antrian saat service dapat booking online, Anda bisa men-download Aplikasi Booking Online Ahass Bintang Motor pada handphone melalui Play Store untuk melakukan Booking service atau Konsultasi mengenai masalah sepeda motor Anda.