Tips Agar Motor Tetap Kinclong

0
31
views

Bintang Motor- Bodi motor yang kinclong memang lebih menarik dilihat daripada bodi motor yang kusam. lantas, bagaimana cara merawat agar warna bodi motor tetap kinclong ?

dikutip dari detikOto (15/10) Ada beberapa kebiasaan yang membuat motor tetap cerah tanpa kusam. Laman Wahana Honda memberikan beberapa tips merawat motor agar tetap mengilap tanpa kusam.

Yang pertama, motor sebaiknya motor dicuci secara rutin. Dengan menjaga kebersihan motor, setidaknya kita memelihara motor agar tetap mengilap. Wahana Honda menyarankan untuk membiasakan mencuci motor minimal seminggu dua kali.

Cuci motor sebaiknya jangan pakai deterjen. Sebab, deterjen bisa membuat warna cat motor mudah pudar. Sebaiknya pakai shampo motor yang memang dikhususkan untuk mencuci motor.

Tips selanjutnya adalah bersihkan motor secara detail. Kebanyakan orang cuma membersihkan motor di bagian yang terlihat. Padahal, ada beberapa komponen metal yang sebenarnya bisa dibuat tetap mengilap. Gunakan sikat gigi bekas dan kuas untuk membersihkan sudut-sudut tak terjangkau.

Gunakan juga sedikit bensin untuk menghilangkan bekas oli yang menempel. Ketika sudah bersih, berikan polish wax supaya tetap berkilau.

Kalau motor habis diguyur hujan, sebaiknya segera bersihkan. Jangan sampai air hujan terlalu lama menempel. Karena zat garam dari hujan bersifat korosif dan membuat komponen metal motor menjadi berkarat, bahkan membuat cat motor kusam.

Sebaiknya, setelah diguyur hujan jangan langsung dilap. Sebab, debu-debu yang menempel di motor bisa membuat bodi motor menjadi lecet. Disarankan untuk menyiramkan air dulu ke motor supaya debu yang menempel hilang.

Tips berikutnya adalah poles motor secara rutin. berikan polish wax agar bodi motor tetap mengilap seperti baru. Poles juga bagian kulit jeruk motor supaya tetap terlihat fresh.

Terakhir, sebaiknya cari tempat parkir yang teduh. Jangan biarkan motor diparkir di tempat yang terpapar sinar matahari langsung. Atau, tutup motor menggunakan cover kalau tidak ada tempat parkir yang teduh.

 

SUMBERdetikOto
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*