Tips dan Trik Saat Touring Motor

0
224
views

BintangMotor – Kegiatan touring motor tentu saja menjadi sebuah kegiatan yang terasa menyenangkan. Ditambah lagi jika rute perjalanan yang ditempuh melewati beragam medan jalanan dengan panorama alam nan indah. Pastinya perjalanan touring motor Anda akan semakin menyenangkan!

Namun apalah arti perjalanan yang menyenangkan, apabila Anda justru menemui kesulitan akibat kurangnya persiapan saat ingin melakukan touring motor.

Sebelum berangkat touring, alangkah baiknya jika segala sesuatunya sudah dipersiapkan dengan matang. Termasuk kondisi fisik, waktu, biaya, serta kondisi kendaraan yang akan digunakan.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda siapkan sebelum melaksanakan touring yaitu :

1. Menentukan Rute Perjalanan dan Jarak Tempuh

Langkah pertama adalah menentukan rute perjalanan, Anda mau kemana tujuannnya dan lewat mana arahnya. Hitung jarak KM yang akan ditempuh dan rutenya melewati kota apa saja.

Foto : Dok Google

2. Cek fisik kendaraan

Motor harus dalam keadaan fit, diperiksa dan tune-up di bengkel. Setidaknya servis motor dilakukan dibengkel resmi seperti Ahass Bintang Motor. Pihak mekanik bengkel Ahass Bintang Motor akan memeriksa motor secara menyeluruh, mulai lampu depan, rem, lampu rem, roda, oli, kondisi aki, kondisi ban, bahkan baut pun harus dipastikan terpasang dengan kuat.

Foto : Dok Ahass Bintang Motor

3. Perlengkapan Pendukung

Tidak lupa beberapa accessories motor juga harus dilengkapi seperti lampu kabut, klakson, braket box, pasang box utama, pasang box samping, windshield, engine guard dan lain-lain. Hindari menggunakan lampu strobo dan sirene. Jangan lupa membawa SIM yang berlaku dan STNK (pastikan pajaknya sudah dibayar lunas).

Foto : Dok Bintang Motor

4. Perlengkapan Berkendara.

Gunakan pelindung berkendara lengkap, mulai helm, jaket, sepatu, sarung tangan, dan pelindung lutut. Atribut tambahan yang tak kalah penting antara lain penyumbat telinga, jas hujan, dan pelindung sarung tangan dari hujan.

Bawa pula sarung tangan cadangan apabila hal tak terduga terjadi. Yang patut dicatat, Anda perlu menyusuaikan kebutuhan perlengkapan berkendara Anda dengan keadaan cuaca. Apabila temperatur di perjalanan menuju lokasi tujuan Anda cukup rendah, siapkan pakaian penghangat, syal, dan air minum.

Foto : Dok Bintang Motor

5. Penunjuk Arah yang Handal.

Untuk perjalanan yang lebih nyaman, alangkah baiknya jika Anda telah memahami rute perjalanan Anda nantinya. Akan lebih mudah bila rute tersebut telah Anda unduh dari komputer untuk diletakkan pada GPS pada motor atau pada telepon genggam. Untuk berjaga-jaga apabila rute pada GPS membingungkan Anda, bawa pula peta fisik agar perjalanan tidak terhambat.

 

Foto : Dok Google

6. Obat-obatan dan Kotak P3K

Ketersediaan obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan touring motor wajib adanya. Bukan hanya sebagai pertolongan pertama di kala terjadi kecelakaan, ketersediaan obat-obatan penting dan kotak P3K juga berguna jika Anda mengalami gejala tidak enak badan saat berpergian.

Foto : Dok Google

7. Telepon Genggam dan Pengisi Daya.

Barang yang dibutuhkan pengendara saat touring adalah telepon genggam. Karena smartphone saat ini memiliki aneka ragam manfaat. Bukan hanya melakukan panggilan dan mengirim pesan, smartphone dapat digunakan untuk memantau keadaan cuaca, membuat atau membatalkan reservasi di perjalanan, menemukan bengkel motor, apotik, atau pom bensin terdekat, serta untuk memantau lokasi dengan GPS. Tentunya semua fungsi itu tidak dapat Anda jalankan apabila Anda lupa membawa pengisi daya dalam perjalanan Anda.

Foto : Dok Google

8. Kartu Debit, Kartu Kredit, dan Uang Tunai.

Kartu kredit dan kartu debit adalah barang wajib saat melakukan perjalanan. Selain praktis, keduanya membuat Anda tidak perlu membawa terlalu banyak uang tunai. Namun bukan berarti Anda dianjurkan untuk tidak membawa uang tunai sama sekali. Anda perlu membawa uang tunai untuk berjaga apabila tidak ada ATM dalam lokasi terdekat.

Foto : Dok Google

9. Tool kit

Untuk mempermudah Anda selama perjalanan touring motor, motor Anda wajib disediakan dengan tool kit. Setidaknya untuk kerusakan minor seperti baut-baut motor yang terasa longgar, atau mengganti beberapa part minor di motor, Anda masih bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan mekanik di bengkel motor.

Foto : Dok Google

 

Dengan mengikuti berbagai perlengkapan dan persiapan di atas untuk kebutuhan saat ingin melakukan perjalanan touring, semoga perjalanan touring Brosis dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*