Tips Meninggalkan Motor Saat Mudik

Salam Satu Hati, Bro-sis Honda Lovers – Tanggal 17 Juli 2015 kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dan biasanya kita – kita yang merayakannya pasti pada mudik kaan 😀
Nah, buat Bro-Sis yang mau pada mudik menggunakan tunggangan kesayangannya pasti nyaman-nyaman aja karna sang kuda besi tetap kita pakai dan kita pantau, tapi buat bro-sis yang terpaksa harus meninggalkan motor kesayanganya di rumah, kontrakan, kos-kosan pasti merasa was-was juga ditinggal mudik, entah dari pencurian atau kendala yang dialami oleh motor kesayangan seperti aki soak, nah di kutip dari salah satu Blogger terkenal yaitu Mas iwanbanaran Tips meninggalkan motor saat mudik, berikut tipsnya yang didapat dari Bro Michael Gerald Gozal dari Safety Riding Analyst Astra Motor.
Berikut 7 Tips agar motor Bro-Sis sekalian tetap prima ditinggalkan saat bermudik ria :

  1. Usahakan agar sepeda motor ditinggalkan dalam kondisi bersih dan kering. Hal ini penting agar menghindari korosi atau karat selama ditinggal mudik.
  2. Isi bensin dalam kondisi penuh (fulltank) atau kuras tangki sampai benar-benar kosong. Hal ini berguna untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.
  3. Cabut aki motor jika ditinggal dalam waktu lama. Jika tidak dicabut, aliran listrik dari aki akan terus mengalir sehingga aki soak. Lebih baik, simpan aki motor Anda di tempat yang aman.
  4. Pastikan sepeda motor Anda disimpan di tempat yang cukup aman dan tidak terkena panas dan hujan. Sebaiknya berada di dalam ruangan.
  5. Berdirikan motor dengan standar ganda. Selain itu, lebih baik jika diberi alas kayu atau karton pada permukaan ban yang menempel ke lantai. Sebab, ban yang langsung menempel ke lantai akan lebih cepat kempes.
  6. Tak kalah penting, pastikan sepeda motor Anda sudah dikunci dengan aman. Tutupi motor dengan tudung atau terpal. Lebih baik jika menggunakan tudung (tutup sepeda motor) yang sudah didesain untuk motor.
  7. Setelah ditinggal dalam waktu yang lama oli akan turun ke bagian bawah mesin. Ketika pertama kali menghidupkan sepeda motor, jangan langsung dihidupkan dan digeber-geber. Sebab, pada saat itu oli masih belum bersikulasi dengan sempurna. Sebaiknya, hidupkan sepeda motor dengan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki.

Nah, itulah 7 point penting untuk Bro-sis sekalian.
Semoga mudik nya Bro-sis makin aman dan nyaman ya 😀

Salam Satu Hati,

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment