Motor tiba-tiba mogok? Cek dulu bagian-bagian ini! [Tips Motor]

Salam Satu Hati,

Bro-sis Honda Lovers, motor tiba-tiba mati saat akan dipakai memang suka bikin jengkel. Terkadang kemarin belum ada masalah, tiba-tiba pas dibawa jalan terasa aneh. Laju jadi tersendat-sendat, malah tiba-tiba mogok. Mungkin bro-sis pernah mengalami kejadian seperti itu.

Nah waktu Pojok Honda bersama Sarwono Edhi, Technical Training Manager dari Astra Honda Training Center, yang diadakan di timeline twitter @welovehonda motor bisa jalan bisa dilihat dari 3 faktor utama. Yang pertama sistem bahan bakar. Kedua sistem pengapian. Yang ketiga adalah kompresi. Jadi jika motor mogok, salah satunya pasti ada yang bermasalah.

Ketiga sistem tersebut saling berkesinambungan. Jika salah satu bermasalah, maka seluruh motor tidak akan bekerja dengan optimal.

Cek Motor

Sistem bahan bakar bisa dicek dulu dari kondisi bensin. Jangan-jangan kosong. Lalu dari piranti pengabutan yaitu karburator/injeksi. Selang bensin yang mampat juga berpengaruh. Jangan sampai sudah mengecek segala macam, ternyata masalahnya hanya gara-gara bensin tidak mengalir dengan sempurna. Cape deh.

Lalu sistem pengapian erat kaitannya dengan listrik. Sebab pengapian pada mesin dipicu oleh percikan api busi. Nah api bisa memantik di busi ditentukan oleh kondisi kabel busi & koilnya. Anggota sistem kelistrikan seperti CDI, regulator, aki, kabel body, spool, pulser, dan lainnya.

Kalau masalahnya dari sistem kompresi, ini yang rada repot, soalnya mesti bongkar mesin. Kemungkinan ada kebocoran klep. Mau tidak mau harus bongkar Cylinder Head.

Nah, setelah masalahnya bisa diketahui, gampang buat bro-sis buat ngambil tindakan selanjutnya. Misal cuma busi yang mati, ya tinggal beli busi baru. Jangan lupa buat beli busi HGP. Tapi kalau ternyata kompresi bocor, yah jelas, Brosis mesti ke AHASS buat memperbaiki motornya! Sekian tips kali ini, semoga bermanfaat.

Salam Satu Hati

Bintang Motor – Dealer Resmi Sepeda Motor Honda

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment