Untuk Keselamatan Jangan Pernah Asal-Asalan Pakai Suku Cadang Asli Honda

Jangan ganti suku cadang motor sebelum Anda selesai membaca artikel ini. Banyak pengendara yang mengabaikan pentingnya menggunakan sparepart asli pada motor mereka.

Dengan mengutamakan harga murah berburu diskon besar-besaran di online shop, Anda tidak teliti mengecek apakah part yang dibeli ini ikutnya resmi atau abal-abal.

Perlu Anda ketahui menggunakan sparepart asal pasang efeknya tidak bisa dianggap remeh. Contohnya, Anda punya motor Honda Supra Fit motor bebek lawas yang ketahanannya luar biasa.

Setelah bertahun-tahun tidak diganti rantainya mulai terasa kurang nyaman, sehingga Anda memutuskan untuk menggantinya.

Anda memutuskan untuk service di bengkel dekat rumah, sparepart yang dipilih asal murah dan masih berfungsi. Karena tidak teliti, Anda bahkan tidak tahu apakah rantai tersebut memang asli honda atau merek palsu tiruannya.

Akibatnya fatal, sehari dua hari dipakai tidak masalah namun setelah beberapa bulan, saat Anda berkendara santai di jalan rantai tersebut tiba-tiba putus.

Untung saja kecepatan motor tidak kencang, bayangkan kalau hal ini terjadi di tikungan dan sebelahnya jurang, apa yang akan terjadi?

Tips Memilih Sparepart Motor Honda, Utamakan Keselamatan!

Kami harap Anda sudah punya sedikit awareness, karena memang hal semacam ini sama sekali tidak boleh disepelekan. Kalau boleh melebih-lebihkan memilih sparepart motor abal-abal itu taruhannya nyawa karena rawan terjadi kecelakaan.

sparepart honda resmi spark plug busi

Tidak perlu khawatir, kami akan bagikan sedikit tips yang bisa Anda perhatikan saat mengganti sparepart motor supaya tidak salah pilih.

Baca juga: Motor Goyang Saat Dikendarai? Waktunya Ganti Bearing Roda!

1. Pastikan Produk Original dan Produsennya Jelas

Semua sparepart motor pasti ada produsennya. Nah produk Honda ini sudah pasti di bagian bungkusnya ada tulisan “Genuine Parts”, produsen resmi PT Astra Honda Motor.

Selain itu, ada barcode/QR code yang bisa discan. Intinya sebelum sparepart diganti Anda wajib tahu barangnya dulu, jangan asal “Saya ikut aja rekomendasi bengkel”, sebagai customer Anda perlu lebih teliti.

Selain scan kode, menurut AHM Honda ada beberapa cara lainnya yang bisa diketahui untuk memastikan sparepart Honda yang Anda beli 100% original. Berikut beberapa caranya:

  • Kemasan berwarna merah dan terdapat logo AHM tampilan jelas tidak buram
  • Barcode bisa discan dengan baik dan tidak menunjukan peringatan error
  • Pastikan kemasaan dalam keadaan baik. Tidak ada bagian yang sobek dan belum terbuka sama sekali
  • Harga suku cadang original honda memang sedikit lebih mahal, justru yang murah-murah biasanya palsu

2. Lakukan Pembelian Di Bengkel Resmi

Kami ingatkan lagi, sebisa mungkin kalau service motor itu di bengkel resminya. Apabila motor yang Anda punya adalah merek Honda maka datangilah bengkel AHASS terdekat.

Jangkauan bengkel Honda sudah semakin luas, minimal di lingkup kecamatan pasti ada setidaknya 1 bengkel resmi Honda.

Apabila memang di daerah Anda belum ada bengkel resminya, maka minta pemilik bengkel untuk menunjukan terlebih dahulu sparepart yang ia beli sehingga Anda bisa tahu apakah produk tersebut asli atau palsu.

3. Sparepart Wajib Bergaransi

Pastikan unit sparepart yang Anda beli bergaransi. Karena, konsumen mempunyai hak, apabila terjadi masalah setelah penggantian unit maka lakukanlah klaim atas pembelian tersebut supaya mendapat produk baru.

Dikutip dari berbagai sumber, garansi sparepart resmi Honda adalah 12 bulan atau penggunaan 20.000 kilometer. Hal semacam ini tidak bisa dilakukan apabila Anda membeli sparepart palsu, jelas risikonya terlalu tinggi.

Keunggulan Memilih Sparepart Honda Resmi

Selain keselamatan yang lebih terjamin, membeli sparepart Honda ini banyak untungnya. Intinya sebanding dengan kerumitan pengecekan unit yang telah Anda lakukan. Berikut ini beberapa informasinya:

1. Lebih Tahan Lama

Produk yang original pasti mempunyai ketahanan yang lebih baik. Tidak gampang rusak, sehingga membuat performa motor tetap optimal selalu. Dengan demikian, Anda tidak perlu pusing memikirkan gonta-ganti sparepart tiap bulannya.

2. Terjamin Aman Karena Rekomendasi Produsen

Motor yang diproduksi oleh Honda tentu logisnya membutuhkan sparepart dengan merek yang sama. Ada kesesuaian dari segi sistem dan mekanisme, tidak perlu mengkhawatirkan kompatibilitas.

3 Menghemat Budget

Banyak yang bilang beli sparepart Honda itu mahal, padahal anggapan ini jelas salah besar. Faktanya memilh sparepart resmi membuat Anda bisa menghemat uang ratusan ribu rupiah karena lebih minim adanya kerusakan dan masalah.

Ya, intinya mahal atau murah itu tergantung bagaimana sudut pandang dari pembeli. Apabila Anda ingin mendapatkan aftersales yang bagus, maka memilih produk Honda resmi jelas tidak akan ada ruginya.

Semoga informasi mengenai tips di atas bisa menjadi solusi sekaligus meningkatkan kesadaran pengendara untuk mengutamakan sparepart original demi keselamatan dan kenyamanan.

Anda juga bisa menggunakan fitur booking service Honda untuk mendapatkan kemudahan maksimal service bengkel AHASS tanpa antre langsung dilayani.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment

    Hati-Hati Penipuan

    Hanya Lakukan Transaksi di Dealer Resmi Honda Bintang Motor
    Pembayaran Hanya Melalui Rekening Resmi kami
    Pastikan Anda Melakukan Transaksi dengan Karyawan Resmi Kami