3 Hal Sebelum Touring Menggunakan Motor

Bintangmotor – Touring atau melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor merupakan aktivitas yang menuntut kondisi fisik pengendara dan kesiapan motor. Dikutip dari Kompas.com (13/16/21) Saat touring ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara. Mulai dari segi kondisi motor, kesiapan pengendara sampai dengan pemahaman rute jalan yang akan dilalui dan lain sebagainya.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

1. Kendaraan

Perjalanan jarak jauh memerlukan kondisi motor yang prima, oleh karena itu sebelum melakukan touring pastikan sudah melakukan pengecekan terhadap seluruh komponen motor, seperti ban, oli, aki dan lainnya dimana semuanya dapat berfungsi dengan normal dan dalam kondisi baik. Agar mempermudah, tidak ada salahnya membawa motor ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pengecekan dan perawatan berkala. Untungnya, Honda Bintang Motor memiliki 18 cabang AHASS yang tersebar di Indonesia sehingga memudahkan Sobi untuk melakukan perawatan secara berkala

2. Kondisi Tubuh

Hal lain yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Menjelang hari keberangkatan touring siapkan fisik sebaik mungkin. Tidur cukup dan jaga asupan makanan serta minuman untuk meningkatkan konsentrasi ketika berkendara. Jangan coba memaksakan diri ketika merasa lelah di perjalanan, berhenti sejenak untuk istirahat guna memulihkan kembali tenaga dan konsentrasi.

3. Rute

Memahami kondisi dan karakter jalan yang akan dilewati merupakan salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan di jalan. Karena dengan mengetahui rute yang akan dilewati kita dapat menghindari atau berkendara dengan penuh kehati-hatian saat melintas di daerah yang rawan kecelakaan.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment