Bintang Motor – Brosis Bulan April 2018 menjadi bulan terakhir buat Honda Spacy diproduksi di Indonesia. Skutik 110 berbadan agak gemuk ini terakhir didistribusi hanya 33 unit pada Januari 2018, sementara bulan selanjutnya kosong.

Dikutip dari Kompas.com (23/05) Memang di segmennya, Spacy seolah kalah pamor dengan saudara-saudaranya seperti Beat, Scoopy, BeAT, dan Vario yang jualannya masih di atas 8.000-an per bulannya. Sementara Spacy hanya 400-an unit per bulan sepanjang 2017.

Ini yang mungkin membuat PT Astra Honda Motor ( AHM) berhenti untuk mengembangkan model Spacy lagi, dan fokus pada skutik populer lainnya.

“Pertama karena memang sudah direncanakan juga (stop produksi Spacy). Kemudian, ini bukan karena tak dikembangkan lagi atau tak ada pembaruan, tapi kami mengarahnya ke Vario yang kami kembangkan,”  ujar David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM

David menampik kalau penyetopan produksi Spacy juga karena terjepit model skutik lainnya, tapi memang sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan. Sejauh ini Spacy sudah menginjakkan usia enam tahun di Indonesia, dan AHM tak menyediakan model pengganti Spacy.

“Dia punya segmen sendiri, body-nya agak gemuk. Terkait dengan pasarnya pindah ke mana saya tidak tahu, tapi dari produksi ada peningkatan di Vario dan Scoopy yang naik, mungkin bergeser ke sana,” ucap David.

AHM Lebih Pilih Kembangkan Vario dari pada Spacy 2