Akibat Membiarkan Ring Piston yang Lemah

Bintangmotor.com – Ring piston yang lemah bila dibiarkan akan mengakibatkan dampak yang buruk untuk motor. Ring piston berada pada dinding piston, ring piston juga memiliki fungsi yang penting untuk motor.

Jika ring tersebut bermasalah atau lemah maka akan muncul beberapa masalah pada motor.
Berikut efek negatif yang terjadi bila membiarkan ring piston yang lemah:

1.Kapasitas Oli Berkurang

Salah satu efek negatif dengan membiarkan ring piston melemah adalah volume oli cepat berkurang. Karena oli yang keluar dari ring piston akan ikut terbakar bersama bensin di ruang bakar.

Jika sudah seperti itu maka knalpot akan ngebul, terutama saat motor digeber. Namun ada juga sebagian motor yang tidak ngebul saat piston melemah.

Yang berbahaya itu bila motor mengeluarkan asap hanya saat digeber atau RPM tinggi saja. Banyak yang tidak sadar akan hal itu, dan mesin bisa saja tiba-tiba jebol.

2. Tarikan Loyo atau Melemah

Efek negatif dari ring piston melemah menyebabkan tarikan loyo. Salah satu fungsi ring piston adalah menjaga kompresi di dalam ruang bakar.

Jika ringnya lemah maka ring akan membocorkan kompresi, dan hasilnya tarikan menjadi loyo. Jika sudah seperti itu, mau nggak mau harus ganti ring piston.

3. Oli Terkontaminasi oleh Bensin

Ring piston juga bisa menyebabkan oli mesin terkontaminasi oleh bensin. Dampak atau efek ini banyak yang tidak disadari oleh pengguna sepeda motor.

Membiarkan ring piston lemah selain dapat membocorkan kompresi juga menyebabkan masuknya bensin ke dalam penampung oli di crankcase.

Gejala yang disebut sebagai Fuel Dilution (FD) ini ditandai dengan pekatnya bau dan juga warna bensin di oli. FD diperparah ketika pengguna sepeda motor menggunakan bensin yang oktannya lebih tinggi dari yang dibutuhkan mesinnya.

Sisa bensin yang tidak terbakar bisa menyelinap ke ruang bakar dan mencemari oli. Dan oli akan encer bila terkena bensin.

Jika sudah seperti itu, oli sudah tidak maksimal untuk melumasi mesin.
Jika dibiarkan, efek negatif seperti di atas akan merusak mesin motor. Jika motor Anda mengalami gejala seperti yang di atas maka segera ganti ring piston.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment