Bintang Motor – Brosis Gembar-gembor akan hadirnya generasi penerus Honda Tiger semakin santer, pasalnya Honda telah merilis varian naked bike yakni Honda CB300 R. Namun varian ini saat ini hanya tersedia di pasar Eropa.

Dikutip dari CindoNews.com (11/04) Motor ini punya desain seperti saudaranya yang di Thailand, Honda CB150 Exmotion di Thailand, tapi untuk pasar Eropa dan Amerika, motor ini menggunakan menggunakan rangka teralis, dengan mesin yang berwarna hitam, lampu bulat yang ceper, dan suspensi depan upside down berukuran 41 mm.

Ngomongin mesin, motor ini punya mesin 286 CC, kompresinya 10,7 : 1, power maksimalnya 31 HP, kapasitas olinya 1,5 liter aja Brosis. Pengabutan bahan bakar oleh PGM-Fi, dan bertangki 10 liter. Pakai 6 speed, ban depannya ukuran lebar 110, dan belakang 150 dengan Pengereman udah ABS.

Sebelumnya the-nex Tiger yaitu Honda CB250 Twister memanglah ada kemiripan dengan Tiger. Meskipun Honda CB250 Twister secara teknis menggendong dapur pacu 249,5cc SOHC, 4-stroke dengan pendingin cairan dan mengandalkan sistem injeksi.

Konfigurasi mesin tersebut diklaim sanggup menyemburkan power hingga 22,4 HP dan torsi maksimum sebesar 22,4 Nm dengan total akselerasi dikendalikan oleh transmisi 6-percepatan.

Sistem pengereman menggunakan disc ganda bekerja pada kedua ujungnya. Sebuah single disc 276mm dengan twin piston caliper melakukan tugas di depan sementara satu disk 220mm dengan single piston caliper digunakan di bagian belakang. Hal ini dilengkapi dengan ABS.

New Honda CB Twister 250 memakai kapasitas tangki bahan bakar 16,5 liter. Sedangkan untuk berat kering motor ini 139kg.

Instrument cluster sepeda motor yang dilengkapi dengan layar digital LCD speedometer yang meliputi, tachometer, kembar trip meter dan pengukur bahan bakar. Konsol juga menunjukkan kerja untuk ABS dan pompa bahan bakar.

Honda masih belum merencanakan pasar selanjutnya setelah Brasil. Namun, di Indonesia banyak yang mengelu-elukan motor ini hadir sebagai pengganti Tiger yang legendaris. Masih menjadi spekulasi kalau New Honda CB Twister 250 juga akan hadir di India berlanjut ke Indonesia.

Apakah CB300R The Next Honda Tiger di Indonesia? 2