Apakah Lampu LED Pada Motor Paling Awet Dibanding Lampu Jenis Lain?

Bintangmotor.com – Motor jaman sekarang sudah mamakai lampu Light Emitting Diode (LED) sebagai standar lampu bawaan pabrik. Motor jaman sekarang juga sudah dilengkapi dengan fitur Automatic Headlight On (AHO).

Apakah lampu LED menjadi lampu yang paling awet masa penggunaannya?

Dilansir dari Otomania.com (18/1/20) bahwa “Lampu LED memang jauh lebih awet dari jenis lampu lainnya”. Lampu LED bisa bisa digunakan secara maksimal hingga 20.000 jam.

Sedangkan lampu bohlam standar hanya 500 jam, tipe halogen 1.000 jam, dan tipe HID bisa mencapai 3.000 jam. Angka tersebut didapatkan dari pengetesan kondisi lampu yang dinyalakan secara terus-menerus.

Meskipun demikian, masa pakai tersebut hanya sebagai patokan saja dan dapat berubah tergantung dari kualitas produk atau merek lampunya itu sendiri. Selain itu, panjang pendeknya masa pakai lampu juga bergantung pada kondisi sistem kelistrikan pada motor.

Selain terbukti hemat daya, lampu LED juga mempunyai masa pakai yang jauh lebih panjang atau lebih awet dari lampu tipe lainnya.

Karena bisa dibilang bahwa lampu LED memang cocok untuk disandingkan dengan fitur lampu otomatis nyala atau AHO di motor.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment