Bahaya Kotoran Menumpuk Pada Kliper Rem Motor

Bintangmotor.com – Agar kampas rem selalu dalam kondisi prima, maka harus dilakukan pengecekan secara berkala. Sehingga kampas rem dalam kondisi baik dan tidak terganggu kinerjanya.

Saat rem kurang pakem dan terasa seret saat tuas rem ditekan, itu bisa jadi pertanda kalau kampas rem bermasalah.

Masalah tersebut bisa terjadi karena kampas rem habis sebelah. Baiknya kampas rem diganti secara berkala jika sudah muncul bunyi gesekan dari kliper.

Tetapi, terkadang kampas rem bisa saja habis tidak rata alias cuma sebelah. Penyebab dari kampas rem habis sebelah adalah karena penumpukan kotoran di area kliper atau biasa disebut kepala babi.

Karena banyak kotoran menyebabkan kinerja kliper jadi sering macet di salah satu pistonnya dan membuat kampas rem habis sebelah.

Namun, penyebab kampas rem cakram habis sebelah juga karena grease di area dudukan pin sudah kering yang bikin pergerakan piston mulai lambat.

Sangat disarankan untuk membersihkan kliper terutama saat mengganti kampas rem. Bersihkan karet penyangga di sekitar piston pakai air sabun, jangan menggunakan bensin karena akan memberikan efek karet menjadi melar.

Lalu keringkan dengan air kompresor, dan beri grease atau gemuk di dusukan kliper agar lebih lancar.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment