Bahaya Telat Isi Bensin: Bisa Sampe Berkarat!

[vc_row][vc_column width=”1/6″][/vc_column][vc_column width=”2/3″][vc_message]Untuk informasi pembelian silahkan klik disini
[/vc_message][vc_column_text]Bintangmotor.com – Bensin merupakan  hal yang mutlak dibutuhkan oleh motor. Sebuah motor tidak akan berfungsi tanpa adanya bahan bakar di dalamnya. Oleh sebab itu sebelum berkendara pastikan motormu terisi bensin secara cukup ya, karena bahaya telat isi bensin.

Terkadang penyakit lupa membuat anda telat isi bensin bahkan sampai habis. Atau bisa juga karena kondisi keuangan anda yang sedang tidak stabil sehingga jadwal isi bahan bakar menjadi tertunda.

Namun, banyak yang tidak tahu kalau sebenarnya membiarkan motor kehabisan bahan bakar bisa berakibat fatal untuk kendaraan anda. Ada beberapa hal yang bisa muncul akibat membiarkan tangki motor kering.

  1. Tangki motor berkarat

Membiarkan tangki motormu tanpa bahan bakar merupakan kebiasaan yang kurang baik. Pasalnya, tangki yang jarang diisi bahan bakar secara penuh akan gampang karatan. Karena di kandungan bahan bakar tersebut juga ada air di dalamnya. Sehingga ketika kering, tangki yang notabene adalah besi ini berpeluang untuk berkarat. Setidaknya usahakan tangki motormu terendam dengan bahan bakar yang cukup.

  1. Mengendapnya kotoran

Ketika tangkinya sudah berkarat, kotorannya pasti akan menumpuk dan mengendap diantara bahan bakar. Oleh karena itu, biasanya ketika motor sudah lama tidak dipakai, tangkinya harus dikuras dulu. Supaya kualitas bahan bakar yang ada nantinya tidak terganggu oleh kotoran yang muncul dari karat tersebut.
Biaya menguras bensin sendiri tidak terlalu mahal. Biasanya di bengkel hanya ditarif sebesar Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 50.000.

  1. Fuel pump bisa kena imbasnya

Karena tangki yang berkarat dan kotor tadi itu, fuel pump dari sepeda motormu bisa jadi imbasnya. Sekedar informasi buat kamu, fuel pump ini berfungsi sebagai pengatur distribusi dari tangki ke mesin. Tentunya jika fuel pump terus ditumpuki oleh kotoran, lama – lama dia bisa ngambek dan berujung ngadat. Kalau sudah seperti itu mau tidak mau motormu akan ikutan ngambek gak mau dinyalain.

  1. Karburator atau injector kena imbasnya

Seperti sebuah penyakit menular, ketika fuel pump sudah terinfeksi oleh kotoran – kotoran yang mengendap di dalamnya, karburator maupun injektor bisa kena dampaknya.
Karburator dan injektor ini adalah tempat dimana pembakaran dari bahan bakarmu ini terjadi. Ketika terjadi proses pembakaran bahan bakar, udara dan api yang dihasilkan oleh busi dari motormu akan dikonversi menjadi tenaga yang bisa membuat mesin motormu bergerak.[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/6″][/vc_column][/vc_row]

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment