Cara Inreyen Mesin Motor Baru Yang Tepat & Benar

Bintang Motor – Brosis siapa menyangka masih banyak para bikers yang bingung dengan cara inreyen motor baru yang tepat.

Dikutip dari Iwanbanaran.com, Mesin era modern memang beda dengan mesin lawas. Engine sekarang dibuat sangat presisi sehingga diklaim tetap aman digeber walau status motor inreyen baru turun dari dealer.

Membahas kata “inreyen” banyak sebagian yang masih belum mengetahui berikut pembahasan lebih lanjut mengenai inreyen :

Pengertian Inreyen Pada Motor

Masa Inreyen atau yang biasa disebut Masa Break-In adalah masa dimana komponen-komponen mesin motor sedang dalam masa penyesuaian.

Proses tersebut tidak hanya bertujuan untuk membiasakan diri anda dengan motor baru anda sendiri.

Bahkan komponen-komponen bagian dalam motor tersebut pada dasarnya juga harus melalui proses adaptasi guna menguji kualitas dan kemampuannya dalam menunjang sarana transportasi anda.

Mengapa Harus Melewati Masa Inreyen?

Masa inreyen pada motor baru sebenarnya lebih mengarah kepada proses adaptasi komponen motor sebelum layak dan aman untuk digunakan.

Setiap produk yang mereka hasilkan belum tentu sepenuhnya dapat langsung digunakan tanpa dilakukan pengujian lebih lanjut oleh penggunanya.

Hal ini diperlukan untuk menjaga kualitas motor tersebut agar tidak cepat rusak setelah beberapa pemakaian saja.

Selain itu, proses yang dinamakan masa inreyen ini pada akhirnya juga akan berfungsi untuk menjamin keselamatan Anda.

Dari komponen yang belum sepenuhnya “mengenal” kondisi jalanan, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja motor anda.

Inilah cara melakukan masa inreyen dengan benar :

  1. Jaga RPM pada 500 km pertama usahakan untuk tidak memperlakukan motor anda secara ekstrim pada saat 500 km pertama seperti menekan tuas gas terlalu penuh pada saat start, berkendara dengan kecepatan tinggi, atau melakukan pengereman secara mendadak. Kesalahan penggunaan pada motor baru hanya akan berakibat komponen yang terbentuk akibat gesekan atau tumbukan tidak akan bekerja secara optimal. Itulah kenapa wajib untuk servis 500 kilometer pertama untuk membuang gram-gram partikel logam hasil kikisan metal.
  2. Atur putaran mesin yang dihasilkan oleh motor anda dengan cara mengendalikan RPM motor anda di angka yang stabil dan tidak melebihi batas yang dianjurkan pada buku pedoman pemakaian motor anda. Memaksa motor anda untuk langsung melaju dengan kecepatan tinggi sejak awal digunakan hanya akan memperpendek usia komponen-komponen di dalamnya akibat gesekan yang berlebihan.
  3. Hindari berkendara secara ekstrim terutama pada saat kondisi jalan basah atau licin. Ban motor baru anda masih mengalami proses adaptasi sehingga grip yang dihasilkan di atas jalanan masih belum begitu optimal dan beresiko slip.
  4. Jangan mengangkut beban yang berlebihan pada saat masa inreyen. Hal ini hanya akan menambah beban kerja komponen-komponen dalam motor anda dan mengurangi usia pemakaian motor anda ke depannya.
  5. Segera ganti oli motor anda dengan yang baru setelah anda melalui 1000 km pertama. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa partikel hasil gesekan antar komponen seperti serpihan logam pembentuk komponen tersebut dapat larut dan dibuang bersama oli bawaan motor anda. Jangan ragu untuk menguras oli dalam motor anda meskipun jarak yang anda tempuh masih belum begitu jauh dan umumnya belum diharuskan untuk mengganti oli. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kinerja komponen motor anda dan terhindar dari penggumpalan partikel sisa.

cs

 

Comments

  • ahmad saefullah
    Januari 15, 2022 at 3:51 pm

    Mau yanya kak. Saya kan beli motor pcx 2022 baru..
    boLeh digunakan boncengan setelah km brp ya kak? ?

    • Aditya
      Januari 29, 2022 at 3:45 pm

      Kalo saya juga pcx cbs 2022, berboncengan boleh, asal kecepatan jangan lebih dari 60km/jam dan hindari rem mendadak dan lubang di jalanan sampai ganti oli pertama (maksimal 1000km/2bln)

  • Wawan Ruswanda
    Juni 21, 2022 at 2:58 pm

    Siang Kak
    Mau tanya saya baru beli beat street , apakah udah bisa buat boncengan apa perlu di inrayen dulu ya , tolong dibantu penjelasanya kak ?

    • BiMo
      Juni 21, 2022 at 4:33 pm

      Salam satu hati, hallo kak sebaiknya inrayen dahulu ya kak

  • Maulana
    Oktober 18, 2022 at 8:59 pm

    Ka saya mau beli Vario 125 CBS tpi jalanan di daerah saya banyak berlubang bagusnya untuk inreyen nya gmn ya ka ? Minta sarannya ya ka

  • Samsul
    Oktober 28, 2022 at 11:43 pm

    Bang saya mau tanya saya punya motor Vario 125 masih baru terus sya reyen jalan lurus datar terus posisi gas mentok gak sampae
    100 kilo meter ya apa begitu kalo motor model Vario 125 yang baru cuma 85 sudah gak kuat lagi

Add a comment

Sehubungan dengan cuti bersama & libur lebaran
Layanan online Honda Bintang Motor
Slow respon
Pesan anda akan kami balas segera mungkin
Terimakasih