Cara Inreyen Mesin Motor Baru Yang Tepat & Benar

Bintang Motor – Brosis siapa menyangka masih banyak para bikers yang bingung dengan cara inreyen motor baru yang tepat.

Dikutip dari Iwanbanaran.com, Mesin era modern memang beda dengan mesin lawas. Engine sekarang dibuat sangat presisi sehingga diklaim tetap aman digeber walau status motor inreyen baru turun dari dealer.

Membahas kata “inreyen” banyak sebagian yang masih belum mengetahui berikut pembahasan lebih lanjut mengenai inreyen :

Pengertian Inreyen Pada Motor

Masa Inreyen atau yang biasa disebut Masa Break-In adalah masa dimana komponen-komponen mesin motor sedang dalam masa penyesuaian.

Proses tersebut tidak hanya bertujuan untuk membiasakan diri anda dengan motor baru anda sendiri.

Bahkan komponen-komponen bagian dalam motor tersebut pada dasarnya juga harus melalui proses adaptasi guna menguji kualitas dan kemampuannya dalam menunjang sarana transportasi anda.

Mengapa Harus Melewati Masa Inreyen?

Masa inreyen pada motor baru sebenarnya lebih mengarah kepada proses adaptasi komponen motor sebelum layak dan aman untuk digunakan.

Setiap produk yang mereka hasilkan belum tentu sepenuhnya dapat langsung digunakan tanpa dilakukan pengujian lebih lanjut oleh penggunanya.

Hal ini diperlukan untuk menjaga kualitas motor tersebut agar tidak cepat rusak setelah beberapa pemakaian saja.

Selain itu, proses yang dinamakan masa inreyen ini pada akhirnya juga akan berfungsi untuk menjamin keselamatan Anda.

Dari komponen yang belum sepenuhnya “mengenal” kondisi jalanan, yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja motor anda.

Inilah cara melakukan masa inreyen dengan benar :

  1. Jaga RPM pada 500 km pertama usahakan untuk tidak memperlakukan motor anda secara ekstrim pada saat 500 km pertama seperti menekan tuas gas terlalu penuh pada saat start, berkendara dengan kecepatan tinggi, atau melakukan pengereman secara mendadak. Kesalahan penggunaan pada motor baru hanya akan berakibat komponen yang terbentuk akibat gesekan atau tumbukan tidak akan bekerja secara optimal. Itulah kenapa wajib untuk servis 500 kilometer pertama untuk membuang gram-gram partikel logam hasil kikisan metal.
  2. Atur putaran mesin yang dihasilkan oleh motor anda dengan cara mengendalikan RPM motor anda di angka yang stabil dan tidak melebihi batas yang dianjurkan pada buku pedoman pemakaian motor anda. Memaksa motor anda untuk langsung melaju dengan kecepatan tinggi sejak awal digunakan hanya akan memperpendek usia komponen-komponen di dalamnya akibat gesekan yang berlebihan.
  3. Hindari berkendara secara ekstrim terutama pada saat kondisi jalan basah atau licin. Ban motor baru anda masih mengalami proses adaptasi sehingga grip yang dihasilkan di atas jalanan masih belum begitu optimal dan beresiko slip.
  4. Jangan mengangkut beban yang berlebihan pada saat masa inreyen. Hal ini hanya akan menambah beban kerja komponen-komponen dalam motor anda dan mengurangi usia pemakaian motor anda ke depannya.
  5. Segera ganti oli motor anda dengan yang baru setelah anda melalui 1000 km pertama. Hal ini bertujuan agar sisa-sisa partikel hasil gesekan antar komponen seperti serpihan logam pembentuk komponen tersebut dapat larut dan dibuang bersama oli bawaan motor anda. Jangan ragu untuk menguras oli dalam motor anda meskipun jarak yang anda tempuh masih belum begitu jauh dan umumnya belum diharuskan untuk mengganti oli. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kinerja komponen motor anda dan terhindar dari penggumpalan partikel sisa.

cs

 

Comments

  • Marvin
    Maret 16, 2019 at 3:02 am

    Saya suda 2000KM lebih belum sempat bawah ke AHASS motor untuk service pertama kalinya, tapi motor saya ganti oli di bengkel biasa tanpa di service. Apa ada penyebabnya gak pak ?

    • Customer Service
      Maret 16, 2019 at 9:18 am

      salam satu hati
      hallo pak marvin, untuk KPB harus di lakukan dibengkel ahass jika di lakukan di bengkel biasa dan masa waktu KPB 1 nya sudah lewat maka garansi pertama hangus, KPB teratur salah satu syarat untuk claim garansi lainnya 🙂

  • Faqih
    Maret 28, 2019 at 8:51 pm

    Untuk beat baru turun dari dealer, biar lajunya gesit dan kencang kedepannya, harus RPM brp? Biar tidak lembek kedepannya..

    • Customer Service
      Maret 29, 2019 at 11:59 am

      Salam satu hati, hallo Kak Faqih untuk informasi agar performa motor naik bisa upgrade dengan part dari BRT, bisa hubungi marketing kami di No. 082111399155 / Dewi

chat
Add a comment