Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara di Musim Hujan

Bintangmotor.com – Saat memasuki musim hujan, Anda harus ekstra hati-hati untuk berkendara. Pasalnya jalanan yang licin dan jarak pandang yang terbatas saat hujan deras serta banyak genangan air menjadi penyebabnya.

Berikut adalah ha-hal yang perlu diperhatikan saat berkendara di musim hujan:

  • Hindari Jalanan Berlubang saat Berkendara

Ketika dijalanan jangan melibas genangan air karena bisa jadi genangan itu adalah lubang dan sangat berbahaya. Anda tidak bisa mengukur seberapa dalam lubang tersebut karena tertutup air, sehingga bisa membuat Anda kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

  • Hindari Melintas Tutup Gorong-gorong

Ketika dijalan raya hindarilah melintasi tutup gorong-gorong yang terbuat dari besi atau marka jalan yang memiliki permukaan yang halus. Jika masih tetap melibas berakibat motor akan lebih sulit dikendarai. Karena sulit mendapatkan grip, tidak seperti saat Anda melewati aspal.

  • Cek Tekanan Angin

Saat hujan turun jangan kurangi tekanan angin ban agar terhindar dari kondisi ban kurang angin. Tekanan angin yang kurang justru akan mengubah bentuk profil ban itu sendiri sehingga kembangan ban tidak maksimal membuang air yang mengakibatkan daya cengkeram ban berkurang.

  • Segera Membersihkan Ban

Sesudah berkendara motor saat hujan, dianjurkan segera membersihkan ban dapat dengan menyiram dengan air bersih. Pasalnya saat hujan ban motor bisa melewati genangan air dijalanan yang bercampur dengan minyak, oli, air sabun dan lain-lain yang dapat merusak ban.

Bersihkan juga lumpur yang menempel di celah kembangan ban sebelum mengering. Jika lumpur atau kotoran dibiarkan mengering di ban bisa sebabkan ban retak.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment
    UPDATE : JAM OPERASIONAL KAMI SAAT INI : 08:00 s/d 15:00
    +