Hari Pertama Puasa Terasa Berat? Simak Kiat-Kiat Hari Pertama Puasa

Bintangmotor.com – Marhaban Yaa Ramadhan! Selamat datang bulan yang penuh berkah dan ampunan. Bulan yang sangat ditunggu- tunggu oleh umat muslim di dunia. Akhirnya tiba juga waktu untuk muslim mendapatkan pahala sebesar-besarnya. Bulan Ramadhan tahun ini pun kita masih menjalaninya di tengah pandemi COVID-19, Semoga dalam menjalankan ibadah di bulan penuh berkah ini kita diberikan kelancaran dan Kesehatan. Amin

Hari pertama puasa nih sobi, masih lancar kan puasanya? Harus tetap lancar dong, baru hari pertama. Tapi tahu gak sobi kalau hari pertama itu seringkali menjadi hari terberat saat memulai puasa. Kenapa seperti itu? Salah satunya adalah badan kita butuh waktu untuk beradaptasi dengan jam makan yang baru dimana mungkin kita biasanya makan sehari 3 kali di jam tertentu dan saat ini berubah menjadi boleh makan dari maghrib sampai subuh saja. Untuk menunjang badan kita saat berpuasa, yuk simak tips agar puasanya lancar.

1. Niat

            Segala sesuatu yang kita kerjakan haruslah diawali dengan niat yang kuat, agar tidak goyah saat di pertengahan jalan. Beradaptasi pada jam makan baru tidak semudah membalikan telapak tangan, butuh waktu agar tubuh mulai terbiasa dengan pola makan yang baru. Maka dari itu, niat awal itu penting sebagai dasar dari kegiatan yang akan dilakukan. Jadi niatkan diri dengan sungguh-sungguh untuk menjalankan ibadah puasa.

2. Tidur Cukup

            Bukan hanya perut yang beradaptasi dengan siklus atau pola hidup yang berubah di bulan Ramadhan ini. Siklus tidur juga harus diperhatikan karena di saat berpuasa kita butuh yang namanya sahur untuk menunjang tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Tubuh kita akan dipaksa untuk bangun di waktu subuh untuk makan sahur yang tentunya juga berbeda dari kebiasaan kita sehari-hari. Agar tubuh tidak terlampau kelelahan, kita harus menjaga waktu tidur kita dengan kualitas tidur yang baik agar tubuh mendapatkan cukup waktu istirahat.

3. Multivitamin

            Puasa pertama akan membuat tubuh kita terasa sangat lemas, oleh karena itu sebaiknya kita mengkonsumsi multivitamin atau supplement untuk menjaga kondisi tubuh kita. Jika tubuh terlampau lemah maka akan rentan terhadap penyakit. Jadi pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima dan tunjang dengan minum multivitamin secukupnya saja.

4. Hindari Kegiatan yang Menguras Banyak Tenaga

            Kegiatan yang menguras banyak tenaga tapi memiliki sedikit manfaatnya sebaiknya dikurangi atau bahkan dihindari saja, karena cadangan energi di dalam tubuh kita terbatas dan saat berpuasa cadangan energi ajab sulit terisi Kembali.

5. Bergembiralah Saat Berpuasa

            Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti,bulan dimana umat muslim bisa mendapatkan pahala yang sangat banyak. Oleh karena itu seharusnya umat muslim berbahagia dengan hadirnya bulan Ramadhan. Buang rasa malas, lemas dan merasa tersiksa karena lapar. Kita anggap hal itu sepadan dengan keberkahan yang akan kita dapat.

Dengan mengingat manfaat puasa di bulan Ramadan, maka kita akan menjalani puasa hari pertama dengan bersungguh-sungguh. Kita akan berusaha membuat diri kita terhindar dari segala hal yang dapat mengakibatkan puasa jadi berkurang pahalanya atau bahkan batal. Menyambut puasa dengan sangat gembira akan membuat puasa kita sempurna hingga lebaran tiba.

Sumber: https://www.boombastis.com/hari-pertama-puasa/26504

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • Add a comment