Sejumlah produsen sepeda motor sedang mengembangkan sensor kamera di helm atau pemantau untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara. Seperti Kawasaki, Ducati dan KTM yang telah mengembangkan sensor perangkat di motor.

Berbeda dengan Honda yang mengembangkan sensor kamera yang dipasang pada bagian helm. Helm ini disebut-sebut dapat berfungsi memberikan informasi kepada pengendara ketika akan terjadi kecelakaan.

Helm ini dirancang secara elektronik agar terkoneksi ke sepeda motor dengan cara menggunakan Wifi atau Bluetooth. Ketika akan terjadi kecelakaan, helm akan memberikan informasi lewat speedometer motor.

Dilansir dari Bennetts (21/4/19) “ Honda sudah melakukan hak paten pada helm pada helm tersebut di kantor paten di Jepang”.
Helm tersebut harus dilengkapi dengan accelerometer dan gyro untuk mengimbangi pergerakan kepala pengendara dan menjaga kamera agar tetap focus pada kendaraan di belakang sepeda motor kita.

Tidak hanya unutk menstabilkan gambar saja, namun untuk melakukan pengenalan gambar, memilih kendaraan dari objek di belakang dan mengenalikcepatan kendaraan lain.

Sistem ini sebagai alternatif Honda untuk mengembangkan perangkat berbasis sensor yang terbukti berbagai produsen sepeda motor ikut memproduksinya.

Honda yakin akan mengembangkan sistem berbasis sensor, sehingga ide kamera yang dipasang di helm akan menghadapi tantangan berat yaitu membedakan desain dengan pabrikan lain.