Honda SH150i Lebih Bertenaga dengan Mesin Baru 4-katup

Bintangmotor.com – Setelah memperkenalkan CT125 di gelaran Tokyo Motor Show tanggal 09 November 2019, Honda kembali memanfaatkan gelaran EICMA Milan 2019 untuk meluncurkan SH150i generasi terbaru.

Dikutip dari Kumparan.com (10/11) SH150i generasi terbaru fokus ubahannya tak hanya tampilan saja, tetapi di sektor jantung mekanis dan penambahan beberapa teknologi.

Honda SH150i kini dibekali mesin dengan konfigurasi silinder 2 katup.

Di generasi terbaru ini, SH150i akan memiliki 4 katup.

Tak hanya itu, motor matik futuristik ini sudah memenuhi standar emisi Euro 5.

Dari penambahan jumlah katup atau klep ini, akan mengoptimalkan proses masuknya gas baru –campuran udara dan bahan bakar– dan keluarnya gas buang sisa pembakaran.

Efeknya yaitu, mesin berkapasitas 156 cc 4 katup-eSP SH150i, sanggup menghasilkan tenaga maksimal 11,9 kW atau 15,9 dk (daya kuda) pada 8.500 rpm.

Output tersebut mengalami kenaikan power dan titip putaran mesin, dibandingkan dengan sebelumnya yang hanya 10,9 kW atau 14,6 dk pada 8.250 rpm.

Begitu juga torsi maksimalnya yang naik menjadi 14,2 Nm pada 6.500 rpm, dari 13,9 Nm pada 7.000 rpm.Honda juga mengklaim, inovasi mesin ini membuat konsumsi BBM-nya menjadi lebih efisien.

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan lewat WMTC (World Motorcycle Test Cycle), setiap satu liter BBM bisa menempuh jarak 43,5 kilometer, dari sebelumnya 42 km/liter.

Lebih lanjut, di Honda SH150i terbaru ini disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HTSC), yang berfungsi menjaga ban belakang agar tak mengalami wheelspin (tergelincir).

Gejala wheelspin adalah kondisi di mana roda belakang berputar lebih cepat dari semestinya.

Situasi tersebut bisa terjadi, karena tenaga mesin yang diterima roda belakang, melebihi kemampuan grip.

Sementara itu, guna menambah ruang akomodasi penyimpanan barang, tangki BBM digeser ke bagian depan.

Alhasil, area bagasi kini punya volume kapasitas sampai 28 liter.

Ubahan selanjutnya ada di sektor behel belakang, yang sudah terintegrasi dengan bracket dan lubang baut untuk opsi pemakaian box.

Comments

mood_bad
  • No comments yet.
  • chat
    Add a comment