Ini Alasannya Honda Vario Terbaru Tidak Punya Kick Starter

0
2458
views

BintangMotor – Brosis perubahan paling terlihat dari Honda Vario terbaru adalah absennya engkol atau kick starter. Tentu ini bukan tanpa alasan, karena menurut PT Astra Honda Motor (AHM) engkol alias kick starter sudah tidak kekinian lagi.

Dikutip dari DetikOto (17/04) Honda menghilangkan kick starter atau engkol di motor skutik Honda Vario. Ke depan, engkol juga bakal dihilangkan dari skutik lainnya seperti Honda Scoopy maupun Honda BeAT.

Marketing Director AHM Thomas Wijaya menuturkan tren motor di dunia khususnya skutik tidak lagi ada kick starter atau engkol. Berdasarkan surveinya pun, konsumen Indonesia tidak membutuhkan fitur itu.“Itu terjadi karena kami mengikuti tren motor dunia seperti big bike, sport hingga skuter besar yang sudah tidak ada kick starter. Lalu survei masyarakat yang memakai kick starter juga menurun dan berkurang. Nah secara psikologi memang membawa perasaan lebih aman. Tapi sekali lagi, secara survei menurun pengguna kick starter,” ucap Thomas kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/4/2018).

“Lalu, penggunaan kick starter juga sebenarnya merupakan perubahan layout dari kami untuk pasang smart key. Nah karena itu layout motor kita jadi berbeda. Sehingga engkol tidak diperlukan,” tambahnya.

Padahal kita tahu kick starter kita butuhkan saat motor jarang dipakai atau lama tidak digunakan. Jadi beberapa pengguna skutik pun masih bergantung pada engkol saat di situasi tertentu.

Menanggapi hal itu, Endro Sutarno Technical Training AHM mengatakan bahwa tidak hadirnya engkol atau kick starter pada skutik Honda Vario bukanlah masalah. Karena, sistem mesinnya sudah memungkinkan motor tetap bisa hidup walau sudah lama tidak digunakan.

Namun tenang saja, untuk mendukung agar motor tidak mogok karena akinya soak (sehingga pakai engkol atau kick starter), Vario terbaru sudah dilengkapi indikator baterai di speedometernya.

Sehingga penggunanya bisa mengira-ngira jikalau aki harus diganti sebelum mogok. Bahwa baterai aki ideal adalah pada angka 11,4 volt. Ketika baterai sudah berada di titik batas minimumnya, akan muncul peringatan berwarna merah di speedometer.

“Dengan adanya indikator baterai yang terpasang di speedometer bakal membuat konsumen lebih aware dan aman, kapan sih periode baterai akan habis, dan seperti apa. Jadi tidak perlu khawatir lagi dari penghilangan kick starter ini,” ucap Thomas

“Iya ini kita letakkan di Vario ke atas. Kita masih studi untuk menghilangkan kick starter di motor Honda entry level (misalnya BeAT, Scoopy dan lainnya). Dan ingat, ini tidak memboroskan aki, ya. Karena akan ngecash setiap motor jalan,” tutupnya.

 

SUMBERdetikoto
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*