Bintangmotor.com – Mungkin anda pernah melihat bahwa banyak motor trail yang digunakan tidak hanya di jalan off-road saja, melainkan digunakan untuk harian di jalan on-road juga (jalan aspal).

Apah efek yang akan ditimbulkan bila ban off-road dipakai di jalan on-road?

Jika ban off-road digunakan pada jalan on-road akan sangat berbahaya jika dilihat dari sisi keamanannya. Karena permukaan ban off-road akan membuat kontak ban dengan aspal menjadi lebih kecil.

Hal itu menjadikan besarnya peluang terjadinya kecelakaan. Karena kontak karet tapak ban off-road (cengkraman) lebih sedikit dipermukaan aspal. Hanya blok-blok tertinggi yang dapat kontak terhadap aspal.

Dan itu akan menyebabkan ban off-road mendapatkan traksi yang lebih sedikit pada jalanan on-road.

Apalagi jika dalam kondisi hujan. Jalanan yang basah dan cenderung licin dapat menyebabkan ban selip karena tidak mampu menapak dengan sempurna pada jalanan on-road.

Jika anda ingin menggunakan ban off-road di permukaan jalanan aspal, tersedia ban dual purpose. Ban ini bisa digunakan di dua lintasan, yaitu jalan beraspal dan jalanan perkebunan.

Contoh ban dual purpose adalan D605, ban ini tersedia ukuran baru untuk HONDA CRF

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan apakah ban yang kita gunakan itu cocok dengan jalur yang kita lintasi setiap harinya. Karena jika tidak, nyawa adalah taruhannya.