Mantan pembalap motoGP Stoner yang pernah memperkuat team HRC, kini mengaku senang karena di tawari untuk kembali menunggangi RC213V. Akan tetapi hal ini bukan untuk kembali membalap di lintasan bersama para rivalnya, tetapi untuk menguji performa RC213V dan untuk memberikan masukan terhadap prototipe tersebut.

Sudah sekitar 7 bulan (dari bapalan) sejak Valencia, dan saya senang dan nyaman dengan keputusan yang saya buat untuk berhenti balapan”, kata Stoner seperti yang di kutip dari crash.net

Casey mendapat tawaran untuk melakukan tes terhadap RC213V empat kali di sirkuit Twin Montegi Jepang.

Kadang- kadang aku merindukan RCV, jadi saya senang HRC meminta saya untuk melakukan beberapa tes di Montegi tahun ini.Hal ini memungkinkan saya untuk menikmati apa yang saya lewatkan, mengendarai motor MotoGP! Saya menanti untuk hal itu dan melihat perkembangannya (motor) daripada tahun lalu dan saya ingin berterima kasih pada Honda atas kesempatan ini”.

Kesempatan ini semakin memperjelas bahwa Casey tidak akan turun balapan pada musim 2013 ini, yang sebelum nya di rumorkan bahwa Casey akan ikut balapan dengan wild card.

Kami sangat senang Casey kembali ke Honda”, ucap HRC Exceutive Vice President Shuhei Nakamoto. “Dia tau mesin ini sangat bagus, dan saya yakin dia bisa membantu insinyur dan mekanik untuk kemajuan RC213V. Kami akan menawarkan pada dia (Casey) untuk melakukan tes pada produk baru dan memberikan umpan balik kepada kami untuk memproduksi motor terbaik”.

Posisi Stoner di Honda sendiri telah digantikan oleh rookie, Marc Marquez, yang saat ini memimpin klasmen sementara dengan 16 poin di atas rekannya Pedrosa.

Marquez dan Pedrosa telah melakukan tes privat pada prototipe 2014 RCV di circuit Aragon pada bulan Juni lalu, tetapi mereka memutuskan saat ini tetap menggunakan mesin lama.